Giliran Pedagang Pasar Kukar yang Divaksin Massal

Mediaetam.com, Tenggarong – Dinas Kesehatan lakukan vaksinasi kepada pedagang Pasar Tangga Arung di Terminal Pasal Tanggal Arung, Rabu (10/3/2021).

Suasana pedagang pasar tangga arung yang divaksin (Mediaetam.com/Akbar)

Seperti sebelumnya, untuk melakukan vaksinasi massal, Dinas Kesehatan Kukar selalu menyiapkan secara matang apa yang akan dilakukan karena semua berbasis sistem.

 

“Seperti yang dilakukan hari ini, khusus massal, orang yang belum terdaftar tetapi sudah bisa divaksin,” ucap Kepala Dinas Kesehatan Kukar Martina Yulianti saat diwawancara.

 

Dalam vaksin kali ini, pihaknya mendatangi mereka. Cukup membawa KTP, direkam di sistem yang dibuat, nanti baru input lagi ke p-care.

 

Tetapi lanjutnya, kelemahannya kalau seperti ini mereka tidak bisa segera mendapatkan sertifikat. Nama mereka belum terdaftar di aplikasi p-care.

 

Martina Yulianti menambahkan untuk pedagang daerah lain akan diadakan oleh puskesmas tetapi akan menyusul karena memperhitungkan logistik.

 

“Sistemnya akan sama untuk pedagang pasar mungkin untuk masyarakat di desa, sistemnya akan sama seperti ini,” imbuhnya.

 

Walaupun memang menurutnya menggunakan sistem seperti ini, kelemahannya menyisakan pekerjaan setelah ini. Timnya harus input, kalau tidak diinput tidak masuk datanya di pusat.

 

Dampak vaksinasi ini terhadap pedagang pasar menurutnya untuk sektor ekonomi, tentunya bagus, para pedagang pasar sudah divaksin memiliki kekebalan berarti yg terinfeksi sedikit tidak akan ada ledakan di pasar dan tidak ada lockdown di pasar.

 

Jadi pihaknya mengimbau kepada seluruh pedagang yang berjualan di pasar untuk ke vaksinasi massal.

 

“Total yang kita vaksin untuk publik sudah hampir 10.000 jumlahnya, ini tidak hanya sekali ini, akan kita lakukan sampai habis,” tutupnya. (Akbar)

Bagikan:

About The Author