5 Tanda Keberhasilan Saat Ramadhan Dalam Melewati Berbagai Ujian

Keberhasilan ibadah Ramadhan yang diraih seseorang menjadi sesuatu yang abstrak. Ini bukanlah sebuah hal yang nyata atau konkrit. Misalnya terhapusnya dosa seseorang.

Oleh sebab itu, kita sebagai manusia harus mempunyai tolak ukur berhasilnya ibadah Ramadhan dengan menunjukkan ketaqwaan kita pada Allah SWT.

5 Tanda Keberhasilan Ramadhan Dalam Melewati Berbagai Ujian

Indikator Keberhasilan Ibadah Ramadhan

Seperti pernyataan yang berhasil dikutip dari Kementerian Agama Sulsel ada berbagai indikator berhasilnya seseorang menjalankan ibadah di bulan Ramadhan.

1. Kemantapan Tauhid

Agar meraih keberhasilan dalam menjalankan ibadah di bulan suci ini, maka kita bisa mengakhirinya dengan takbir, tahlil serta tahmid yang menjadi kalimat tauhid.

2. Memiliki Semangat untuk Memakmurkan Masjid

Seperti yang kita ketahui, ibadah selama bulan Ramadhan begitu terlihat dengan kegiatan masjid yang begitu marak. Meski demikian, jangan sampai semarak ibadah di masjid ini berhenti di bulan Ramadhan saja. Harapannya, setelah Ramadhan berlalu, maka aktivitas yang ada di masjid bisa terus berlangsung dan semakin ramai.

3. Menimba Ilmu dengan Semangat

Bulan Ramadhan menjadi bulan yang bisa kita manfaatkan untuk menimba ilmu agama.

4. Menumbuhkan Jiwa Sosial

Dengan berpuasa, ini bisa mendidik jiwa kita supaya lebih peka pada sesama. Ini selaras dengan anjuran membayar zakat fitrah untuk menyempurnakan puasa.

5. Kebiasaan Berbagi

harapannya, kebiasaan berbagi di bulan Ramadhan bisa berlanjut sesudahnya. Dengan begitu, tujuan puasa membangun jiwa yang takwa bisa terwujud dengan nyata.

Sumber: sulsel.suara.com

Share:

About The Author