Komisi IV DPRD Kaltim Menyambut Baik Rencana Pembentukan Universitas Islam Penajam

Mediaetam.com, Samarinda – Komisi IV DPRD Kaltim menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) terkait dengan rencana pembentukan Universitas Islam Penajam di lantai 1 Gedung E DPRD Kaltim pada Senin, 07/06/2021.

Hadir pula dalam RDP ini Kepala Yayasan Pendidikan Islam Penajam dan Ketua Beserta Anggota DPRD Kabupaten PPU.

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim, Ely Hartati Rasyid menjelaskan, awal rencana pembangunan Universitas ini di karenakan adanya perencanaan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kabupaten Penajam.

“Dari kami setuju saja, semakin banyak fasilitas pendidikan tentunya semakin bagus juga kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) kita,” ucap Elly Hartati.

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Elly Hartati Rasyid. (Mediaetam.com/Idham)

Selain itu dia juga menyampaikan bahwa dunia pendidikan tentunya akan berdampak pada sektor ekonomi dimana nantinya mereka lah yang akan berperan menaikkan ekonomi masyarakat pada masa yang akan datang.

“Universitas ini sangat penting yang dimana tadi juga sudah di sampaikan ketua DPRD PPU bahwa 70 persen lulusan SMA/SMK di sana tidak melanjutkan kejenjang Perguruan tinggi,” jelas Elly Hartati.

Universitas Negeri Islam Penajam yang akan dibangun nantinya akan akan menyiapkan beberapa program studi unggulan, dan akan menjadi menjadi Universitas Islam pertama yang ada di Kabupaten PPU.

“Mudah-mudahan kampus ini segera terwujud, karena perencanaan juga langsung di kawal oleh Ketua DPRD Kabupaten PPU,” pungkas Elly Hartati.

Sementara itu, pembina Yayasan Penajam, Hasanuddin Hakammenerangkan bahwa adanya Pemindahan IKN di Kaltim maka juga perlu memberikan pusat pendidikan di daerah tersebut.

“IKN ini mau dibangun, tentu perlu pusat pendidikan dan Yayasan Pendidikan Islam Penajam berinisiatif membangun Universitas Islam Penajam,” ucap Hasanuddin kepada awak media.

Lanjut dia, nantinya prodi yang ada bukan hanya terkait pendidikan Islam saja, akan tetapi ada juga beberapa prodi umum unggulan seperti pendidikan komputer, sistem informatika, penyuluhan pertanian, administrasi kesehatan, dan biologi.

“Kami sudah tetapkan lokasinya, luasan tanahnya ada dua hektar yang kami dapat dari ketua DPRD Kabupaten PPU sebagai Hadiah,” tutup Hasanuddin. (Adv/Idham)

Share:

About The Author