Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi Lakukan Kunjungan Ke Kukar, Bahas Soal Pengembangan Bumdes

 

Mediaetam.com, Tenggarong – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) mendampingi Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) dan Transmigrasi Republik Indonesia Halim Iskandar berkunjung secara langsung ke dua desa di Kukar. Yakni Desa Sungai Payang dan Loa Sumber pada Sabtu, (1/5/2021).

 

Selain Pemkab Kukar, turut mendampingi Ketua DPRD Kukar, Abdul Rasid, Wakil Ketua DPRD Kukar Siswo Cahyono serta Perwakilan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

 

Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah saat diwawancarai seusai acara mengungkapkan kunjungan ke Desa Sungai Payang secara khusus memberikan motivasi terhadap pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Payang Sejahtera.

Bupati Kukar Edi Damansyah saat memberikan Cinderamata kepada Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) dan Transmigrasi Republik Indonesia Halim Iskandar saat kunjungan ke Desa Sungai Payang. (Mediaetam.com/Akbar)

“Bumdes Payang Sejahtera ini kan sudah masuk kategori terbaik dua secara nasional. Tadi sudah dilihat beliau sampai kepada pengembangan usaha,” ucapnya.

 

Bahkan selain itu Menteri Desa, PDT, dan Transmigrasi juga melihat pabrik kompos yang dibangun melaui program sinergitas dari pemerintah kabupaten, perusahaan dan desa.

 

“Beliau juga menyampaikan akan membantu mesin caca dan bahan bakunya,” ucapnya.

 

Dirinya pun mengapresiasi Desa Sungai Payang dengan perkembangan yang pesat. Selain Desa Sungai Payang, Menteri Desa, PDT dan Trasmigrasi juga berkunjung ke Desa Loa Sumber dan melihat langsung pengelolaan Bumdes bidang pertanian.

 

“Jadi memang beliau fokus pada Bumdes dan pengentasan kemiskinan. Itu pun jadi prioritas kami di Kukar,” ucap Edi.

 

Dengan beberapa desa yang berhasil dalam mengelola dan memajukan wilayahnya, pihaknya diminta merefleksikan ke beberapa desa lain untuk dicontoh. Sehingga nanti desa ini bisa lebih kuat lagi berkembang.

 

“Dan khususnya jika Bumdes dikelola dengan baik di sisi lain ada tambahan pendapatan asli desa,” kata Edi.

 

Sementara itu senada dengan Edi Damansyah, Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid juga turut mengapresiasi pembangunan Desa Sungai Payang. Menurut Politisi Golkar ini, Desa Sungai Payang dulu merupakan wilayah tertinggal dan sekarang menjadi maju.

 

Dengan manajemen yang dilakukan Kepala Desa dan Bumdes yang ada di Sungai Payang bisa meningkatkan taraf ekonomi masyarakat dengan bermitra bersama perusahaan.

 

“Harapan kita ini harus dicontoh oleh daerah lain yang mungkin di sekelilingnya banyak perusahaan. Usaha yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

 

 

Share:

About The Author