Bupati Kukar Launching Pondok Kesah Ayumi

Tenggarong- Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah bersama Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diarpus) Kukar memperkenalkan inovasi terbaru yakni pondok kesah arsip yang unik menyampaikan informasi (Ayumi) pada Senin (13/09/2021).

Edi Damansyah secara langsung meresmikan launching Pondok Kesah Ayumi. Didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Sunggono dan Plt Kepala Diarpus Akhmad Taufik Hidayat.

Dalam kegiatan tersebut tampak Edi beserta jajaran diperlihatkan pameran kearsipan pelestarian dan penyelamatan arsip foto tahun 2014-2019. Selain itu, melihat ruangan yang dijadikan tempat kesah Ayumi.

Dia menyampaikan penghargaan terima kasih. Berkat kegiatan Diklat kepemimpinan yang diikuti pejabat Diarpus ini menghasilkan inovasi yang diterapkan di Kukar.

Foto : Bupati Kukar, Edi Damansyah saat berdialog tentang kearsipan Pondok Kesah Ayumi.

Ia juga mengajak masyarakat Kukar apabila memiliki dokumen yang bersejarah bisa menghubungi Diarpus untuk digandakan dan di dokumentasikan di Pemkab Kukar.

 

“Khususnya instansi OPD tadi diberi catatan dan rekomendasi terkait pentingnya arsip. Saya minta untuk dilaksanakan dan dipedomani,” kata orang nomor satu di Kutai Kartanegara.

 

Dia mengingatkan, jangan abai dengan arsip karena diperjalanan selama ini terdapat kendala yang dihadapi. Misalnya ada gugatan seperti tanah sekolah di Kecamatan, yang sangat minim dokumennya sehingga harus mencari orang yang dulu menghibahkan.

 

“Dari kondisi ini bisa kita belajar sekarang, betapa pentingnya dokumen arsip untuk mengamankan aset-aser pemerintah. Jadi harus kerja bersama seperti semangat yang dilakukan Diarpus tidak bisa berjalan dengan baik kalau tidak ada respon dukungan yang sama dari semua OPD,” tegas Daman sapaan akrabnya.

 

Untuk urusan arsip sudah mendapat apresiasi kategori sangat terbaik dalam nilai kinerja. Bukan hanya ditingkat daerah atau provinsi saja melainkan hingga di pemerintah pusat. Oleh karenanya harus dipertahankan dan ditingkatkan terus menerus.

 

“Sarana dan prasarana yang diperlukan dukungan seperti depo arsip. Sudah kita siapkan perencanaanny dan segera ditindaklanjuti berkaitan Infrastruktur sapras,” pungkasnya. (adv/rz)

Bagikan:

About The Author