Bupati Kukar Minta FKDM Optimalisasi Peran Deteksi Dini Kamtibmas

TENGGARONG – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah meminta peran Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) di tingkat kecamatan agar dapat dioptimalkan.

Hal itu ia sampaikan saat pengukuhan FKDM tingkat kecamatan periode 2021 -2026, di Pendopo Odah etam, Kamis (28/10/21).

Dia menyebut, tugas utama dari forum bentukan pemerintah adalah untuk membantu instrumen negara dalam menyelenggarakan urusan keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat melalui upaya deteksi dini terhadap potensi dan kecenderungan ancaman serta gejala atau peristiwa bencana.
“Untuk itu optimalkan keberadaannya sesuai tugas dan fungsinya. Baik itu di tingkat kabupaten, hingga tingkat desa dan kelurahan, bisa saling berkoordinasi dan komunikasi dengan baik agar cepat mendeteksi secara dini jangan sampai terjadi baru melakukan tindakan,” ungkapnya.

Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah saat menyerahkan SK pengurus FKDM tingkat kecamatan. [HO]

Bupati bersyukur, kondisi Kukar saat ini sangat kondusif walaupun ada titik – titik tertentu, ada riak-riak aktivitas yang bisa mengganggu Kamtibmas.

“Maka dari itu peran FKDM sangatlah perlu. Kita tidak akan bisa bekerja sendiri tanpa bekerjasama dari semua jajaran pemerintah bersama FKDM, Forum Pembangunan Kebangsaan (FPK) dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) yang berada di tiap kecamatan,” ucapnya.

Kepala Kesbangpol Kukar Rinda Desianti mengungkapkan, tiga forum bentukan pemerintah yakni FKDM, FPK, dan FKUB mempunyai tugas dan fungsinya masing-masing.

“Diharapkan dengan dibentuknya FKDM, FPK, dan FKUB dapat bersinergi dalam upaya deteksi dini dari semua gangguan potensi konflik yang mengganggu jalannya pemerintahan sesuai dengan Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Kukar, yaitu mewujudkan masyarakat Kukar yang sejahtera dan berbahagia,” bebernya. (Advertorial)

Bagikan:

About The Author