Kaleidoskop Kukar Maret 2022

Kutai Kartanegara – Selama Maret, dinamika banyak terjadi di Kutai Kartanegara (Kukar). Dari prestasi, tangkapan, hingga peristiwa yang menyedot perhatian masyarakat. Simak Kaleidoskop Kukar Maret 2022 berikut ini:

Pemkab Kukar Serahkan LKPD (2 Maret 2022)

Pada Rabu 2 Maret 2022, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2021 ke Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia perwakilan Provinsi Kalimantan Timur (BPK RI Kaltim).

Penyerahan ini, diapresiasi karena kecepatan dalam menyampaikan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2021, dan menjadi kabupaten/kota pertama di Kaltim yang telah menyerahkan LKPD.

“Saya patut mengapresiasi dan berterimakasih atas upaya Pemkab Kukar dan jajarannya yang telah menyerahkan LKPD nya, ini lebih dari tepat waktu, tapi di awal waktu, luar biasa, dan pertama di Kaltim,” ujar Kepala BPK RI perwakilan Kaltim Dadek Nandemar, saat menerima LKPD Pemkab Kukar yang diserahkan Bupati Edi Darmansyah.
Diharapkan, capaian Pemkab Kukar dalam meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada tahun – tahun sebelumnya bisa dilanjutkan lagi pada LKPD 2021.

Taman Miana Panji Diresmikan (2 Maret 2022)

Bupati Kukar Edi Damansyah di dampingi Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin, meresmikan Taman Miana Panji yang berada di lingkungan stasiun Radio Pemerintah Kabupaten (RPK) Rondong Demang, Kelurahan Panji Tenggarong, Rabu 2 Maret 2022.

Di taman ini terdapat beberapa spot foto, saung dan tempat jualan yang melibatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Keluraha Panji, agar lebih menarik masyarakat untuk mengunjungi taman ini.

Sindikat Ilegal Logging Diungkap (4 Maret 2022)

Ditpolairud Polda Kaltim mengungkap tindak pidana ilegal logging di Sungai Mahakam, Kukar. Nilai kayu yang disita ditaksir sebesar Rp3 miliar.

Pengungkapan ini terjadi di daerah aliran Sungai Mahakam, tepatnya perairan Desa Sebulu, Kecamatan Sebulu Kukar. Hasil pemeriksaan lanjutan, tim Polairud mendapati 5 perahu ketinting sedang membawa rangkaian kayu bulat yang didominasi jenis meranti berjumlah 250 batang.

Enam Rumah di Timbau Terbakar (4 Maret 2022)

Enam rumah warga pada pukul 4 dini hari, Jumat 4 Maret 2022, terbakar. Lokasi kejadian berada di permukiman padat penduduk di kawasan Jalan Ahmad Muksin, Kelurahan Timbau, Kukar. Setelah berjuang selama satu jam, petugas pemadam yang dibantu para relawan  akhirnya berhasil memadamkan kobaran api.

Petugas pemadam sempat kesulitan memadamkan api karena akses jalan sempi. Lalu, bangunan di lokasi tersebut rata-rata terbuat dari kayu yang mudah terbakar.

Jokowi Kemah di Ibu Kota Negara (IKN) (14 Maret 2022)

Presiden Joko Widodo berkemah di IKN. Dia berkemah bersama dengan para menteri dan legislator Senayan. Dalam momen itu, sebelumnya para gubernur di seluruh Indonesia menyatukan air dan tanah dari masing-masing daerah, di Ibu Kota Negara.

Prosesi penyatuan tanah dan air se-nusatara tersebut, terlebih dahulu menyaikan lagu Indonesia raya. Lalu, satu demi satu gubernur se-Indonesia menyerahkan tanah dan air mereka. Lalu, terakhir giliran Gubernur Kaltim Isran Noor yang menjadi tuan rumah, menyerahkan tanah dan air yang diambil dari wilayah Kabupaten Kukar dengan prosesi ritual adat.

Bupati Edi Menginap di Liang Buaya (19 Maret 2022)

Bupati Kukar Edi Damansyah beserta rombongan menginap di Desa Liang Buaya, Kecamatan Muara Kaman. Dia ingin mengetahui kondisi perekonomian warga yang mayoritas bekerja sebagai nelayan tangkap ikan sungai. Hal ini juga sebagai evaluasi terhadap program dan bantuan yang sudah diberikan kepada para kelompok nelayan di Liang Buaya.

Kaleidoskop Kukar Maret 2022

INFOGRAFIS: Kaleidoskop Kukar Maret 2022. [Mediaetam.com/Fajri]

Pengungkapan Tambang Ilegal di Tahura Bukit Soeharto (24 Maret 2022)

Tim Gabungan Gakkum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Denintel Dam VI Mulawarman, dan Pomdam VI Mulawarman, mengungkap tambang ilegal di Desa Bukit Merdeka, Kutai Kartanegara Kalimantan Timur. Pengungkapan ini dilakukan pada Kamis 24 Maret 2022 pukul 20.00 Wita. Aktivitas tambang ilegal ini dilakukan di lahan seluas 3,6 hektar, dan dilakukan sejak 9 Maret 2022.

Pimpinan Ponpes yang Perkosa Santrinya Ditangkap (27 Maret 2022)

AA (48), Pimpinan pondok pesantren di Kukar, ditangkap setelah memperkosa santrinya sampai hamil. Perkosaan terjadi berulang-ulang sejak 15 Januari 2021 dan terakhir pada 13 Desember 2021. AA mengaku sempat menikahi korban pada 25 Januari 2021 namun tanpa sepengetahuan orang tua korban.

Kasat Reskrim Polres Kukar AKP Dedik Santoso dalam keterangan persnya, menyebut modus tersangka adalah mengimingi korban jadi pemimpin pondok pesantren miliknya.

Desa Loa Janan Ulu Berulang Tahun ke-67 (29 Maret 2022)

Pemkab Kukar mengucapkan selamat hari jadi yang ke-67 untuk Desa Loa Janan Ulu. Bupati Edi Damansyah bangga bahwa Desa Loa Janan Ulu mampu melewati masa-masa sulit Covid-19 dengan baik dengan tetap melaksanakan Alokasi Dana Desa (ADD) dan berbagai program lainnya seperti memperindah kawasan Loa Janan Ulu, serta usaha untuk melindungi kesehatan masyarakatnya.

Disebutnya, semua keberhasilan dan prestasi yang sudah diraih tidak lepas dari peran serta masyarakat. Dengan begitu ia berharap agar Pemerintah Desa senantiasa mengayomi masyarakatnya dan begitu pula dengan masyarakat agar selalu mendukung program desa guna peningkatan kesejahteraan dan kemajuan Desa Loa Janan Ulu.

 


Wabup Rendi Pastikan Stok Minyak Goreng di Kukar Aman (29 Maret 2022)

Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rendi Solihin mengatakan stok minyak goreng masih cukup. Hanya saja, harga di pasaran masih belum stabil. Sebab, Pemkab Kukar terus berupaya untuk menstabilkan harga minyak goreng di pasaran. Dia berharap ke depannya ada perubahan harga. Hal tersebut disampaikannya saat menyerahkan minyak goreng kepada 8 RT di Kelurahan Kampung Lama, Kecamatan Samboja.

Muara Badak, Kekraf Kecamatan Pertama yang Dilantik (30 Maret 2022)

Rudi Herawan resmi dilantik menjadi Ketua Komite Ekonomi Kreatif (Kekraf) Kecamatan Muara Badak.
Sekda Kukar Sunggono, Wakil Ketua Kekraf Kukar Akbar Haka, Camat Muara Badak Arfan, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Muara Badak, serta beberapa kepala desa di Kecamatan Muara Badak hadir pada momen tersebut, di Mooara Food and Creative Space Kecamatan Muara Badak.

Kecamatan Muara Badak, kata Rudi, telah menjalankan konsep ekonomi kreatif sejak beberapa tahun terakhir ini. Ada 14 sektor ekonomi kreatif di Kecamatan Muara Badak, yang masih eksis hingga saat ini. Mulai dari musik, seni rupa, arsitektur, seni pertunjukan, fashion, kuliner, film maker, fotografi, desain komunikasi visual, televisi dan radio, periklanan, penerbitan, aplikasi, dan Kriya. (Adv)

Bagikan:

About The Author

Reply