Menpan RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia, PDIP Instruksikan Kader Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Mediaetam.com, Jakarta – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia sekitar pukul 11.10 WIB, di RS Abdi Waluyo, Jakarta Pusat. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyampaikan duka dan instruksi dari Ketum Megawati Soekarnoputri. Seluruh kader PDIP diminta untuk mengibarkan bendera PDIP setengah tiang di kantor partai untuk menghormati Tjahjo Kumolo.

“Seluruh keluarga besar PDI Perjuangan mengucapkan duka cita yang sedalam-dalamnya atas wafatnya Mas Tjahjo Kumolo, Sekjen DPP PDI Perjuangan periode 2010-2015. Kita doakan bersama semoga Almarhum dilapangkan jalannya, mendapat tempat peristirahatan abadi di Surga dan keluarga yang ditinggal mendapat rahmat kekuatan dan penghiburan,” kata Hasto, melalui keterangan tertulis, Jumat, 1 Juli 2022.

Prosesi pemakaman Tjahyo Kumolo. [Tangkapan layar Youtube]

Menurut Hasto dilansir dari CNN, Tjahjo merupakan salah satu kader terbaik partai, sosok penyabar, penuh semangat persahabatan dan kepemimpinannya menyejukkan. Hasto mengatakan Megawati dan seluruh keluarga besar PDIP turut mengucapkan duka cita yang mendalam atas wafatnya Tjahjo.

“Beliau salah satu kader terbaik Partai. Mas Tjahjo dikenal sebagai sosok pemimpin dengan kesabaran tinggi, santun, dan menampilkan kepemimpinan penuh semangat persahabatan dan menyatukan,” ujarnya.

Hasto mengatakan bahwa Tjahjo merupakan sosok legendaris, karena menjadi anggota DPR selama enam periode; menjadi Sekjen PDIP pada periode 2010-2015, hingga dipercaya sebagai Mendagri dan MenPAN-RB.

“Almarhum juga sosok yang setia mendampingi Ibu Megawati Soekarnoputri. Saya diajarkan oleh Mas Tjahjo bahwa berdedikasi pada Ibu Megawati harus menggunakan alam batin dan pikiran yang jernih, penuh dengan kejujuran dan kesetiaan,” katanya.

Hasto juga memastikan seluruh keluarga besar PDI Perjuangan memberikan penghormatan terbaik untuk Tjahjo. Menurutnya, PDIP akan memberikan penghormatan dengan protokol Partai.

“Selamat jalan Mas Tjahjo Kumolo, perjuangan Mas Tjahjo telah menjadi satu dan bersenyawa dengan seluruh kehidupan PDI Perjuangan,” ujarnya.

Tjahjo Kumolo meninggal dunia sekitar pukul 11.10 WIB di RS Abdi Waluyo, Jakarta Pusat. Tjahjo sempat dirawat karena komplikasi penyakit selama dua minggu terakhir.  Tjahjo akan dimakamkan di TMP Kalibata, Jakarta.(Redaksi)

Bagikan:

About The Author

Reply