Pemkab Kukar Hibahkan Tanah untuk PLN di Kenohan dan Muara Jawa

Samarinda – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab) Kukar menyerahkan aset daerah, berupa tanah hibah kepada PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN Persero).

Penyerahan aset ditandai penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dan Berita Acara Serah Terima Hibah Tanah Daerah oleh Bupati Edi Damansyah dan Manager PT. PLN Persero Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Samarinda Ari Tirtaprawita, di hotel Mercure Samarinda, Senin (15/11).

“Penyerahan aset ini sebagai dukungan Pemkab Kukar kepada PLN, sebagai komitmen kami dalam penyediaan listrik bagi masyarakat Kukar,” ujar Bupati Edi.

Lebih lanjut Edi mengatakan, lokasi tanah berada di Kecamatan Kenohan dan Muara Muntai, yang selama ini telah dimanfaatkan PLN sebagai sarana dan prasarana penunjang.
“Ini juga tidak terlepas sebagai komitmen dan sinergi kami dengan PLN, karena masih adanya beberapa desa di Kukar yang memang harus kita tangani bersama PLN, tidak bisa hanya pemkab Kukar untuk menyelesaikan, karena ada beberapa desa yang memang masuk katagori area insfrastruktur PLN,” lanjutnya.

Ditambahkannya, beberapa desa yang memang tidak memungkinkan dijangkau PLN saat ini telah dibangun listrik tenaga surya, salah satunya di Desa Muara Enggelam.

“Listrik tenaga surya ini nantinya menjadi role model di beberapa desa lainnya yang tidak terjangkau PLN,” tambahnya.

Edi berharap sinergi ini berjalan dengan baik, sehingga masalah kelistrikan di Kukar dapat terselesaikan.

Sementara itu Manager PLN UP3 Samarinda Ari Tirtaprawita mengatakan Kukar khususnya Desa Muara Pantuan menjadi pekerja rumah bagi PLN untuk menyediakan listrik 24 jam.
“Kemarin saat menghadap pak sekda agar ada dasar kami untuk menekan pusat, insha Allah dalam waktu dekat Muara Pantuan akan kami (aliran listrik) 24 (jam) kan,” jar Ari.

Dirinya berharap dengan hibah tanah daerah itu dapat memaksimalkan sarana dan prasarana PLN sehingga bisa memberikan pelayanan penyediaan listrik semaksimal mungkin kepada masyarakat Kukar, khususnya yang saat ini belum dapat menikmati listrik 24 jam.

Share:

About The Author