Rangkaian Kemeriahan HUT Tenggarong ke-239, Ziarah Makam Sultan Aji Imbut Hingga Sidang Paripurna

Tenggarong – Tepat hari ini, 28 September 2021 warga bersuka cita merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Tenggarong yang ke-239. Rangkaian kemeriahpun dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar).

Foto : Unsur pimpinan DPRD Kukar bersama Wakil Gubernur Provinsi Kaltim, Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin, dan Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura XXI, Adji Muhammad Arifin berfoto bersama usai melaksanakan sidang paripurna.

Rombongan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melakukan ziarah ke makam Sultan Aji Imbut pendiri Kota Tenggarong di kuburan areal museum.

Ziarah yang dilakukan dalam rangka mendoakan Sultan Aji Imbut karena jasa-jasanya dalam mendirikan Tenggarong.
Turut hadir, Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi bersama Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin, Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid dan Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura XXI, Adji Muhammad Arifin.

“Selamat untuk Kota Tenggarong yang ke 239, KIta ingin mengambil semangat membangun yang telah beliau berikan kepada kita” kata Hadi Mulyadi.

Ditengah wabah Covid-19 seperti ini, Wagub Kaltim meminta agar masyarakat tidak boleh menyerah sedikit pun dan harus bersiap dengan ditetapkannya Kaltim sebagai Ibu Kota Negara (IKN) baru.
“Generasi muda harus banyak belajar sejarah dengan mengambil semangat membangunnya. Kota Tenggarong didirikan oleh Sultan yang sedemikian rupa sehingga dipilihlah tempat yang kondusif untuk dijadikan sebagai kota,” tegas Hadi.

Hal senada juga disampaikan oleh Wabup Kukar, Rendi Solihin. Diusia yang sudah tidak muda lagi ia berharap Kota Tenggarong bisa menjadi tempat yang nyaman huni bagi semua orang.

“Mudah-mudahan Kota Tenggarong bisa berkembang ke depan sesuai dengan visi misi kita bersama masyarakatnya, sejahtera dan bahagia,” tutupnya.

Setelah melakukan ziarah, rombongan langsung menuju ke kantor DPRD Kukar untuk melaksanakan sidang paripurna dengan agenda mendengarkan pidato Bupati. Kegiatan itu berlangsung dengan suasana yang khidmat ditambah keseruan kelompok paduan suara di akhir acara yang membawakan lagu-lagu khas Kutai.

Ketua DPRD Kukar,Abdul Rasid yang memimpin jalannya persidangan berharap Tenggarong terus melestarikan kebudayaan yang ada di Kutai Kartanegara yang sudah menjadi identitas masyarakatnya sejak lama.

Dalam momentum tersebut, Rasid tetap mengingatkan agar menumbuhkan semangat memajukan Kota Raja agar terus menjadi wilayah percontohan bagi Kecamatan Lainnya.
“Tentu sudah prioritas kita bersama agar bisa lebih meningkatkan lagi pembangunan infrastruktur, dan Sumber daya Manusianya,Selamat ulang tahun Tenggarong,” serunya. (adv/Rz).

Share:

About The Author