Utamakan Audiens, Tempo Media Group Luncurkan Wajah Baru Tempo Digital

JAKARTA – Tepat pada hari peringatan pembredelan majalah Tempo pada 21 Juni, Tempo Media Group meluncurkan wajah baru Tempo digital. Perubahan tidak hanya pada Tempo.co, tetapi juga Koran Tempo dan majalah Tempo digital.

Menurut Direktur Utama PT Info Media Digital yang membawahkan Tempo.co, wajah baru Tempo digital menempatkan pembaca sebagai pusat dari semua layanan dan produk digital Tempo. “Kami ingin menegaskan komitmen baru kami melayani lebih banyak pembaca dan memberikan informasi dan interaksi yang lebih intensif dengan kami,” kata Wahyu dalam acara peluncuran di Jakarta, Selasa, 21 Juni 2022.

Wahyu mengatakan, perubahan penting tersebut dilakukan 10 tahun setelah Tempo.co diluncurkan pada 2011—sebelumnya bernama Tempo Interaktif sejak diluncurkan pertama kali pada 1996—dan 28 tahun setelah Tempo dibredel. Khusus untuk Tempo.co, perubahan tidak hanya pada desain tata letaknya, melainkan juga pada logo dan slogannya. Logo baru Tempo.co menyiratkan pesan modern, kasual, unik, bergaya, sekaligus tepercaya. Hal ini selaras dengan slogan “Bicara Fakta” yang mempertegas ciri pemberitaan Tempo.co.

Peluncuran wajah baru Tempo. [Ist]

Lebih jauh Wahyu mengatakan, melalui sejumlah fitur dan platform pada versi baru ini, Tempo ingin meningkatkan kenyamanan pembaca dalam memperoleh informasi. Misalnya, pembaca bisa berinteraksi langsung dengan redaksi, melaporkan keluhan mengenai pelayanan publik, hingga memperoleh pendapatan dari menuangkan gagasan di platform di bawah Tempo Media Group.

Selain itu, menurut Wahyu, Tempo ingin menonjolkan kekayaan format berita Tempo. Karya jurnalistik Tempo tidak hanya berupa teks dan foto seperti sebelumnya, namun juga sudah berbentuk video, podcast, dan interaktif. “Format ini akan terus berkembang, menyesuaikan dengan kebiasaan dan pola konsumsi informasi baru dari para pembaca Tempo,” kata Wahyu.

Yang tak kalah penting, Wahyu melanjutkan, Tempo ingin mempertegas keunggulannya sebagai media independen dan tepercaya. Karena itu pula, Tempo.co konsisten memproduksi konten cek fakta untuk melawan hoaks dan kabar bohong. “Kami akan terus menjadi sumber informasi yang jujur, berkualitas dan bisa diandalkan agar Anda bisa menavigasi banjir informasi yang marak saat ini.”

Adapun Direktur Utama PT Tempo Inti Media Arif Zulkifli mengatakan Tempo.co adalah beranda produk Tempo digital. Pembaca Tempo.co yang ingin mendapatkan informasi mendalam, bisa mengakses Koran Tempo dan majalah Tempo digital melalui platform Tempo.co. Karena itu, menurut Arif, berita Tempo.co harus berkualitas sebagaimana di Koran Tempo dan majalah Tempo. “Tidak terpeleset dengan berlomba-lomba membuat berita-berita yang hanya mengejar klik,” kata Arif.

Rangkaian acara peluncuran wajah baru Tempo digital dimulai dengan diskusi bertajuk “Peran Digitalisasi Perbankan dalam Keamanan dan Kenyamanan Korporasi” dengan narasumber di antaranya Wakil Direktur Indonesia Financial Group Hexana Tri Sasongko, Head of Digital Channel Division Bank BTN Tan Jacky Chen, dan Direktur Teknologi dan Operasional Bank DKI Amirul Wicaksono. Acara dilanjutkan dengan gelar wicara bertajuk “Data, Connectivity & Business Growth” dengan narasumber Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara Pahala Mansury, Direktur Utama Telkom Ririek Andriansyah, dan Direktur Utama BP Jamsostek Anggoro Eko Cahyo. Tema diskusi dipilih karena selaras dengan semangat transformasi digital Tempo.

Selain diskusi dan gelar wicara, acara peluncuran ini juga disemarakkan dengan penampilan duo Endah & Rhesa, penyanyi Jhonny Iskandar, dan band Perunggu. (Tempo)

Bagikan:
Tags:

About The Author

Reply