DPRD Kukar Apresiasi Keinginan Pemda Kukar Berantas Pertambangan Ilegal

Kukar – Dukungan penuh mengalir dari DPRD Kukar, tentang statement yang dilontarkannya Bupati Kukar yang menentang adanya aktivitas pertambangan ilegal di wilayah Kukar. Berkeinginan memberantas hingga ke akar-akarnya, termasuk adanya oknum pemimpin di kecamatan yang ikut bermain. Meski sebatas melakukan perlindungan.

Politisi Gerindra, Alif Turiadi, yang merupakan wakil ketua DPRD Kukar, mengapresiasi penuh hal tersebut. Tapi tetap harus konsisten dan komitmen dilakukan untuk memberantas aktivitas ilegal itu. Jangan hanya sekedar pernyataan saja, tanpa ada tindakan yang jelas.

“Tentu ini harus konsisten dan komitmen dilakukan,” terang Alif pada media ini.

Wakil Ketua DPRD Kukar, Alif Turiadi. (Mediaetam.com)

Perhatian lebih harus dilakukan stakeholder yang dimiliki oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kukar. Ketika didapati oknum-oknum pemerintahan yang ikut bermain, oknum tersebut harus segera diberi sanksi sebagai bentuk pertanggungjawabannya. Tidak terkecuali oknum camat-camat yang ada di Kukar.

Memang, aktivitas pertambangan ilegal tidak hanya merugikan pemerintah, tetapi juga merugikan masyarakat sekitar lokasi aktivitas. Terutama dampak lingkungannya, terjadi banjir dan tanah longsor, pasalnya disebabkan karena kurangnya serapan air. Akibat hutan yang seharusnya berfungsi menahan air, harus ditebang habis dan sebagainya.

“Itu harus diberdayakan perangkat camatnya dan aparat hukum. Jangan hanya slogan saja, banyak tambang ilegal kelihatan depan mata,” selesai Alif.

Banyak memang laporan mengenai keluhan masyarakat di Kukar tentang tambang ilegal yang masuk kepadanya. Ini harus segera diakomodir, agar para penambang ilegal yang ada di Kukar bisa segera ditangkap. Karena lagi-lagi masyarakat yang menjadi korban. (Adv)

Share:

About The Author