Kecamatan Marangkayu Bakal Dijadikan Kawasan Industri

Kukar – Ketua Panitia Khusus (Pansus) Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) DPRD Kutai Kartanegara (Kukar), Ahmad Yani menjelaskan jika Kecamatan Marangkayu masuk dalam rencana menjadi wilayah kawasan industri. Terlebih kota tetangga, yakni Kota Bontang akan membuat perbatasan antar kabupaten sebagai kawasan perindustrian.

Rencana ini bukan tanpa alasan, menjadikan Kecamatan Marangkayu sebagai kawasan industri sangat strategis, terutama untuk pengembangan segala jenis bidang industri dalam jangka panjang. Sehingga ini harus masukan dalam Peraturan Daerah (Perda) RTRW yang berlaku untuk 20 tahun mendatang.

Anggota DPRD Kukar Ahmad Yani. [Mediaetam.com/ist]

“Kita akan buat (kawasan) industri yang berbatasan dengan Kota Bontang supaya kepentingannya sama. Industri Kukar untuk kebutuhan Bontang begitupun pula dengan industri Bontang Kebutuhan Kukar,” jelas Ahmad Yani.

Selain itu, politisi PDIP inipun mengatakan jangan sampai industri yang dibangun sama dengan industri Kota Bontang. Karena jika itu terjadi maka dianggap percuma saja. Untuk memastikan saling ketergantungan tadi dengan kota tetangga. Sehingga ada saling rasa keterbutuhan.

Selain itu, ada beberapa daerah yang akan ditetapkan sebagai pengembangan industri seperti di Kecamatan Muara Badak, Samboja maupun Sangasanga.

“Kita minta ada industri yang memang dapat membantu perekonomian di Kukar,” beber Yani.

Setelah berbagai kawasan diatur, tinggal kewajiban kepala daerah untuk membuktikan dan merealisasikan apakah disana bisa dibangun atau tidak. Sebab pihaknya hanya meletakkan pondasi sebagai acuan bahwa kecamatan ini bisa dibuat kawasan industri. Jadi pemerintah pusat sampai daerah bisa mengunakan acuan tersebut.

“Tetapi kalau bisa dari Kabupaten karena yang kita pikirkan kedepan inikan Kukar,” ringkas Yani. (Adv)

Share:

About The Author