Makam Sultan Aji Muhammad Idris Akan Direhab Pemkab Kukar

Tenggarong — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) berencana akan datang ke makam Sultan ke-14 di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan untuk berziarah.

“Dalam waktu dekat kita juga akan berkunjung langsung ke pemakamannya di Kabupaten Wajo Sulawesi Selatan, karena infomasi yang diterima bahwa makam beliau kondisinya tidak terlalu terawat. Insya Allah secara resmi pemerintah akan datang untuk melihat makamnya disana,” ungkap Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin

Pada hari pahlawan belum lama ini, Sultan Aji Muhammad Idris dinobatkan sebagai pahlawan nasional.

Selain itu, dirinya juga sudah diskusikan dengan Sekretaris Daerah bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kukar. Hasil dari diskusi tersebut, ada usulan diantaranya yakni pembuatan patung Sultan AM Idris atau nama jalan di Kukar.

“Ada beberapa wacana yang nanti akan dipaparkan lebih lanjutnya,” tutur Rendi.

Wakil Bupati Kutai Kartanegara Rendi Solihin. (Mediaetam.com)

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Sosial Kukar Hamly. Dia menuturkan memang ada arahan Sekretaris Daerah Kukar, dalam waktu dekat akan diadakan rapat internal Pemkab Kukar mengenai tindaklanjuti setelah ditetapkan Sultan AM Idris sebagai tokoh nasional.

Pihaknya pun sudah mengusulkan nama jalan karena memang diharuskan ada seperti di wilayah Tenggarong ataupun ditempat lainnya. Kemudian akan berkomunikasi dengan tokoh masyarakat terkait patung pahlawan.

“Ini akan kita komunikasikan dengan tokoh masyarakat, kalau memang bersedia maka kami coba menfasilitasi untuk dibuatkan,” ujarnya.

Terkait pembenahan makam sultan AM Idris, Dinsos Kukar sangat menyambut serta mendukung pembenahan makamnya di Wajo. Dirinya bercerita, pada 2008 silam pernah berkunjung dan berziarah disana.

“Makamnya sederhana sekali, Pemkab Kukar akan mencoba merehab makam beliau,” tandasnya. (Advertorial)

Share:

About The Author