Dinas Koperasi dan UKM Kukar Dorong Produk Lokal untuk Diekspor

Tenggarong – Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kutai Kartanegara (Kukar) Tajuddin mengungkapkan, mendukung langkah CV Masagenah yang menampung produk lokal untuk ekspor ke luar negeri. Yakni lidi nipah, lidi sawit, dan arang hambalan yang dikelola masyarakat bahkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), di Kecamatan Muara Badak.

“Lidi nipah, lidi sawit dan arang ada komunitasnya, kami bentuk sentra-sentra yang jadi permasalahan sekarang ini kita kekurangan eksportirnya. Alhamdulillah ada perusahaan membawa produk kita mengekspor langsung. Kami sangat mendukung hal ini,” ungkap Tajuddin belum lama ini.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kukar, Tajuddin. (Mediaetam.com)

Selain tiga komoditas itu, sebenarnya ada banyak potensi produk olahan dari Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM) di Kukar yang dapat di ekspor salah satunya ikan asin air tawar dan laut. Namun sekali lagi, masih terkendala kurang adanya perusahaan yang berminat memasarkan produk tersebut.

Mengenai ikan asin, ucap Tajuddin, CV Masagenah rencana siap menampung dan membeli untuk dipasarkan ke luar Indonesia. Pihaknya juga akan melakukan pendampingan dan pelatihan di sejumlah titik produksi ikan asin. Baik itu di wilayah hulu seperti Kecamatan Kota Bangun dan Muara Muntai produk ikan air tawar. Selanjutnya wilayah pesisir seperti Muara Badak, Anggana memiliki potensi ikan laut.

“Spotnya kami yang tau persis. Tugas kami mendampingi masyarakat pelaku UMKM bagaimana menjaga kualitas, bagaimana mempertahankan kuantitas dan kontinuitas. Karena ekspor berbicara tentang itu,” pungkasnya. (Advertorial)

Share:

About The Author