Untuk Mengatasi Banjir, Dinas PU Kukar Tingkatkan Saluran Drainase

Tenggarong – Belakangan ini, hujan terus mengguyur Tenggarong dan sekitarnya, yang mengakibatkan terjadinya potensi banjir sejumlah titik di kawasan Tenggarong.

Untuk mengantisipasi itu, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kutai Kartanegara (Kukar) melakukan peningkatan saluran drainase di daerah rawan banjir. Salah satunya saluran drainase yang ada di Kelurahan Loa Ipuh, Tenggarong.

Kadis PU Kukar Wisnu Wardana, mengatakan, peningkatan saluran drainase dilakukan untuk pengendalian banjir di kawasan Kelurahan Panji. Sebab, setiap intensitas hujan tinggi, kawasan tersebut menjadi langganan banjir.

“Kalau kejadian kemarin kan dengan hujan yang cukup besar, itu sampai satu minggu air bertahan menunggu antrean keluar dari areal banjir itu,” kata Wisnu, Sabtu (13/11/2021).

Kepala Dinas PU Kukar, Wisnu Wardhana. (Mediaetam.com)

Untuk mengurai serta mengantisipasi terjadinya banjir, maka dilakukan pelebaran saluran drainase yang ada di kawasan tersebut. Dengan diperbesar bertujuan bisa umengurangi volume air di saluran drainase itu, mengurangi 20 persen dari banjir tertinggi.

Peningkatan saluran drainase yang dikerjakan kurang lebih sepanjang satu kilometer. Dimana, saluran tersebut terletak di Jalan Setadion, Kelurahan Loa Ipuh. Wisnu

berharap, dengan adanya peningkatan saluran drainase, kawasan tersebut dapat terhindar dari banjir, meskipun intensitas jujan tinggi. Walaupun ada genangan, tetapi tidak akan lama.

“Tidak sampai berhari-hari, tapi kami berharap hitungan jam,” tandasnya. (Advertorial)

Share:

About The Author