O2N atau Oon!! Aplikasi Layanan Kurir dan Jasa Lokal di Kutai Kartanegara

 

Mediaetam.com, Tenggarong – Era teknologi dewasa ini memberikan kesempatan semua orang untuk berinovasi.

Homebase O2N salah satu Aplikasi Online Layanan Kurir dan Jasa Lokal di di jalan Kartini, No. 69 RT. 30, Kukar. (Mediaetam.com/Akbar)

Salah satunya untuk mempermudah kebutuhan dan keperluan masyarakat, lahir sebuah layanan kurir dan jasa, berbasis online yang trend dan menjamur di berbagai kota dan daerah di seluruh indonesia.

Di Tenggarong, seorang Pemuda bernama Khairansyah kelahiran Muara Kaman 5 Maret 1989, tersebut juga memutuskan untuk mengembangkan bisnis layanan kurir dan jasa yang dinamai O2N atau biasa disebut pelanggannya Oon !!, ide usaha kurir dan jasa ini, didirikan Khair selaku CEO sekaligus Founder pada tanggal 1 juni 2017.

Ditemui di homebase O2N di jalan Kartini, No. 69 RT. 30, Khairansyah selaku CEO mengobrol tentang latar belakang berdiri dan perkembangan Aplikasi O2N sebagai brand lokal yang bersaing dengan perusahaan lain dalam bidang jasa dan transportasi.

Ide kurir dan jasa berbasis Aplikasi Online ini menurutnya didasari dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat akan layanan jasa seperti Ojek motor/mobil, kurir barang, pembelian makanan dan kebutuhan lainnya.

“Selain itu banyaknya teman – teman yang belum memiliki pekerjaan tetap, mendasari untuk mendirikan usaha ini,” ucap Khair.

Aplikasi O2N ini bisa di donwload dengan mengunduh di Play Store, memang layanan ini untuk sementara hanya tersedia bagi penggunan Android, untuk pengguna IOS belum tersedia.

Pada saat ini layanan aplikasi O2N sudah mulai berkembang dan berbagai fitur baru yang mereka tawarkan, tidak hanya sekedar ojek online dan taxi mobil (ON Car). Tetapi ada layanan, ON Market untuk kebutuhan pokok bagi rumah tangga, bersih – bersih rumah dan pekarangan, Massage (ON Massage), Pertukangan (ON Tukang).

“Jadi sekarang kami tidak hanya penyedia layanan transportasi, tetapi juga menyediakan layanan jasa dan produk,” ucap khair.

Dalam Jasa transportasi ada hal berbeda dari pelayanan yang diberikan, dimana pelanggan bisa tawar – menawar harga yang telah tercantum di aplikasi, tergantung kesepakatan driver dan pelanggan.

Hal unik lainnya dari jasa yang di tawarkan O2N ini adalah ON Jastip, dimana pelanggan bisa menitipkan barang kepada kurir via aplikasi, untuk diantar ke seluruh daerah di Kecamatan, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Durasi pengiriman bervariasi dari 1 hari dengan layanan exspress dan layanan regional 3 hari proses pengiriman. Hal ini sangat berbeda dengan kopetitornya karena cakupan operasional yang terbatas, hanya di daerah Tenggarong Kota.

Saat ini pihaknya telah memiliki driver sejumlah 15 orang yang aktif setiap harinya, siap untuk melayani seluruh masyatakat tenggarong.

Selain juga telah memiliki cabang yang beroperasi di Kabupaten Kutai Kartanegara, seperti di Kecamatan Tenggarong Seberang, Loa Kulu, Loa Janan, dan Muara Kaman.

Dari segi pendapatan mulai Tahun 2017 sampai Tahun 2020. Kondisi pendapatan Driver terus meningkat, satu hari driver bisa menghasilkan pendapatan Rp. 70.000 sampai Rp. 100.000 atau lebih, apa lagi mengingat saat ini adanya Pandemi COVID – 19, banyak masyarakat yang jarang keluar rumah untuk berbelanja barang atau bahan keperluan rumah tangga.

Salah satu driver O2N, Firman menjelaskan sebagai driver O2N, ia merasa senang karena dapat menambah penghasilan setiap harinya, karena sifat pekerjaan ini freelance jadi dapat membagi waktu, saat tidak ada kegiatan saya mengisi waktu sebagai driver..

Pemerintah daerah seharusnya dapat melirik, membantu atau bermitra dengan pengusaha salah satunya, seperti khair ini untuk terus mengembangkan usahanya, secara langsung pemerintah juga dapat menekan angka pengangguran di daerah ini.

Semoga kedepannya, semakin banyak lagi UMKM dan pengusaha lainnya dengan brand lokal yang memiliki inovasi dan kreatifitas untuk mengembangkan usahanya di Kabupaten Kutai Kartanegara. (Akbar)

Share:

About The Author