Panrita Lopi Tak Sekadar Pantai di Muara Badak

Mediaetam.com, Tenggarong – Salah satu wisata yang jadi buah bibir dan banyak dikunjungi oleh banyak orang ialah Pantai Panrita Lopi yang terletak di Kecamatan Muara Badak, Kutai Kartanegara.

Lorong cemara jadi salah satu spot foto dan bersantai di Panrita Lopi.

“Destinasi Wisata Panrita Lopi ini dibangun sejak tahun 2016 bersamaan dengan beberapa pantai yang ada di Pulau Pengempang oleh teman-teman Komunitas,” kisah Pengelola Panrita Lopi Ahmad saat diwawancarai Mediaetam.com Minggu, (27/12/2020).

Di awal pembangunan dirinya bersama teman-teman komunitas ingin menyampaikan kepada publik bahwa ada potensi di Muara Badak yang dapat dikembangkan. Dan hal ini sudah dapat dirasakan sekarang.

Pantai Panrita Lopi sendiri terletak antara Kota Samarinda dan Bontang. Rute yang dapat ditempuh menuju Pantai Panrita lopi dapat menggunakan akses darat.

Jikalau dari Samarinda jarak tempuh sekitar  68 kilometer dan butuh satu jam setengah, jika dari Bontang, dengan jarak tempuh 62 kilometer. Lalu butuh satu jam setengah jikal lewat akses Marangkayu. Akses jalan menuju Pantai Panrita Lopi  pun juga sudah mulus dan beraspal.

Setelah sampai di pelabuhan Pantai Panrita Lopi, pengunjung harus menyeberang menggunakan kapal penyeberangan sekitar 10 menit.

Pantai Panrita Lopi menyediakan berbagai fasilitas yang akan memanjakan pengunjung dimulai dari spot selfi, lapangan volli pantai, gazebo, panggung, air bersih, listrik dan lainnya

“Semuanya gratis dan tidak ada biaya lagi yang dikeluarkan jikalau fasilitas tersebut di bangun oleh Pantai Panrita Lopi,” ucap Daeng Lompo sapaan akrabnya.

Selain itu menurutnya Pantai Panrita lopi juga dapat jadi tempat camping dengan suasana pantai dan kawasan yang asri dengan pohon cemara yang ada.

“Yang ingin camping juga disediakan penyewaan tenda dan hammock oleh komunitas yang ada di sini,” ucapnya.

Untuk harga juga terjangkau, pengunjung hanya membayar Rp 20 ribu tiket masuk dan biaya penyeberangan Rp 15 ribu per orang pulang pergi dan tambahan Rp 5 ribu jikalau bermalam. Untuk biaya parkir motor Rp 5 ribu dan mobil Rp 10 Ribu.

Dirinya juga menambahkan setelah hadirnya Panrita Lopi sudah ada 100 lebih yang menggeliat, dimulai dari pedagang, kapal penyeberangan, penyewaan keperluan kemah dan sebagainya.

Dirinya berharap, ke depan pemerintah memberikan perhatian untuk lebih meningkatkan sumber daya manusia untuk mengelola Pantai Panrita Lopi

“Kita akan terus melakukan pembangunan dan meningkatkan kualitas pelayanan,” ucapnya.

Bagi yang ingin menikmati liburan dengan biaya murah dan suasana pantai yang apik. Panrita Lopi, jadi salah satu rekomendasi. (Akbar)

Share:

About The Author