Pemkab Kukar Apreasiasi Dandim 0906/KKR Raih Double Winner Tingkat Nasional

Tenggarong – Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah sangat mengapreasiasi capain Dandim 0906/Kutai Kartanegara (KKR) Letkol Inf Charles Alling dengan meraih dua perhargaan sekaligus pada tingkat nasional TNI AD tahun 2021. Yakni juara pertama pada lomba Binaan Teritorial (Binter) dan Karya Tulis Essay.

Menurutnya, dua titel peringkat juara pertama atau double winner ini didapatkan oleh satu Kodim, dan ini merupakan sejarah pertama selama penyelenggaraan lomba Binter.

“Saya selaku pribadi dan atas nama Pemkab Kukar mengucapkan selamat kepada Letkol Inf Charles Alling sebagai juara terbaik dan beserta seluruh jajaran serta keluarga besar Kodim 0906/KKR atas diraihnya prestasi membanggakan ini,” kata Edi dalam sambutannya di Makodim pada Kamis (11/11/2021).

Bupati Kukar Edi Damansyah saat kegiatan di Makodim 0906/KKR. (HO)

Penghargaan yang berhasil diperoleh tentu saja tidak datang dengan sendirinya tetapi sebuah proses panjang yang telah dilalui. Dibuktikan dengan dedikasi tanggung jawab dan kesetiaan dalam tugas dan dibarengi kerja keras dan inovasi yang tiada henti. Hal ini didasari atas rasa kepedulian yang tinggi untuk mengabdi bagi seluruh anak negeri, bangsa yang dicintai ini.

Sebagaimana diketahui, disaat masa sulit akibat Covid-19 yang dihadapi, Kodim 0906/KKR selalu tampil totalitas dalam berbagai kegiatan dalam rangka pencegahan dan penanganan Covid-19. Yang fenomenal yakni melalui inovasi dengan menciptakan box sterilisasi dan media alat tukar uang, sebagai iktiar menahan layu penyebaran virus.

“Kodim juga menjadi leading sektor dalam perencanaan, pengerjaan hingga pengelolaan program Desa Sinergi Hijau yang ada di Desa Tanjung Batu, Kecamatan Tenggarong Seberang. Dengan mengaktifkan kembali lahan tidur kemudian menjadi kawasan ketahanan pangan nasional di Kaltim,” ujarnya.

Sementara itu, Dandim 0906/KKR Letkol Inf Charles Alling menyadari bahwa keberhasilan ini bukan karena kuat dan hebat seorang Dandim. Tetapi ini juga hasil dari kerja kolektif, kerja sama-sama dengan seluruh stakeholder yang ada dan 3 pilar yakni TNI-Polri dan Pemkab Kukar.

Pada Lomba Binter ada 24 program unggulan dan semuanya sudah berdampak serta dirasakan oleh masyarakat. Yang paling spektakuler adalah kegiatan di Desa Tanjung Batu, sesuai petunjuk Pangdam VI/Mulawarman untuk program Desa Sinergi Hijau kawasan cadangan pangan strategis nasional. Ini sudah dilakukan dan akan menjadi percontohan untuk di daerah lainnya.

“Dan ini gayung bersambut, Beliau (Pangdam) ingin Kodam IV/Mulawarman punya ciri khas tersendiri salah satunya adalah bagaimana kita menyiapkan lumbung pangan dalam menyambut program IKN nanti di Kaltim,” tandasnya. (Advertorial)

Share:

About The Author