Pemkot Samarinda Lakukan Pengkajian Terkait Sistem Birokrasi 

 

 

Mediaetam.com, Samarinda – Wali Kota Samarinda Andi Harun menggelar rapat terkait restrukturisasi jabatan di wilayah pemerintahan Kota Samarinda pada Selasa, 18/05/2021 di Ruang Rapat Wali Kota Samarinda.

Wali Kota Samarinda Andi Harun. (Mediaetam.com/Idham)

Dalam rapat kali ini, Andi Harun menjelaskan pihaknya sedang mempersiapkan pelaksanaan perampingan birokrasi yang ada di lingkup pemkot Samarinda.

 

“Pelimpahan jabatan struktural ke fungsional batas akhir kan di bulan Juni. Apabila lewat, akan dilakukan seleksi,” jelas Andi Harun.

 

Pada rapat kali ini, juga dibahas mengenai kebutuhan Pegawai Tidak Tetap Harian (PTTH) dan Pegawai Tidak Tetap Bulanan (PTTB) di tiap OPD dan juga beban kerja masing-masing OPD.

 

“Kebutuhan pegawai kita nantinya akan kami analisis terlebih dahulu sesuai dengan kemampuan APBD,” tutup Andi Harun.

 

Selain itu, Sekda Kota Samarinda Sugeng Chairuddin menambahkan, saat ini terdapat 34 OPD yang ada di lingkup Pemkot.

“Implikasinya pegawainya berkurang, termasuk PTTH, Aturan kita kan memang memperbolehkan ada PTTH, terapi kemampuan keuangan kita terbatas,” ucap Sugeng.

 

Data sementara yang diperoleh dari BPKAD, jumlah PTTH di Kota Samarinda kurang lebih 4.993 dan PTTB berjumlah 1.250 sehingga secara keseluruhan mencapai 6.243.

 

“Parameternya dilihat satu OPD nantinya memerlukan berapa tenaga, kita akan sesuaikan apabila perlu 100, tapi adanya 70 bisa ditambah 30,” jelas Sugeng.

 

Saat ini, dikatakan Sugeng jumlah PTTH dan PTTB sangat membludak atau over kapasitas sehingga pengeluaran APBD banyak sekali digunakan untuk membayar gaji pegawai tersebut.

 

Untuk saat ini, Pemkot Samarinda akan melakukan pengkajian terlebih dahulu terkait data di OPD, setelah itu akan dibuatkan draft pengajuan revisi Perda atau perwali.(Idham)

 

 

Share:

About The Author