Pimpinan DPRD Kukar Sidak Fasilitas Perawatan Rumah Sakit Untuk Covid-19

Kukar – Melihat kasus Covid-19 di Kutai Kartanegara (Kukar) yang terus meningkat, tentu sangat berpengaruh besar terhadap tempat perawatan di rumah sakit di Kukar. Memang dengan melonjaknya kasus, tentu diperlukan fasilitas perawatan yang memadai agar pemulihan pasien bisa segera cepat mengalami kesembuhan.

Untuk memastikan itu, Ketua DPRD Kukar, Abdul Rasid, didampingi Wakil Ketua DPRD Kukar Alif Turiadi, menyambangi RSUD AM Parikesit Kukar. Melihat langsung kondisi fasilitas perawatan yang disebut-sebut sudah overload. Bahkan harus menggunakan tenda darurat, untuk menampung pasien yang terus berdatangan. Untuk itu, tenaga kesehatan (nakes) yang menangani pasiennya pun turut disisaknya.

Abdul Rasid (tengah) saat lakukan sidak di RSUD AM Parikesit Kukar. (Mediaetam.com)

Rasid mengatakan, jika ia melihat banyak pasien yang mengantri untuk sekedar mendapatkan ruang perawatan. Padahal beberapa ruang perawatan non Covid-19 sudah dialihfungsikan menjadi ruang perawatan Covid-19.

Berdasarkan pantauannya, kendala yang didapatinya, selain fasilitas perawatan yang sudah penuh dan dimaksimalkan sebisa mungkin. Jumlah nakes pun disebutnya mulai terbatas, setelah juga banyak yang terpapar saat memberikan perawatan kepada pasien Covid-19.

“Secara umum berkaitan dengan obat segala macam, Alhamdulillah masih cukup ketersediaannya,” papar Rasid, Sabtu (24/7/2021).

Ia pun meminta masyarakat untuk ikut ambil peran. Dengan bersama-sama menaati anjuran pemerintah terkait penerapan protokol kesehatan (Prokes) secara ketat. Memastikan kondisi pandemi Covid-19 di Kukar bisa diturunkan jumlahnya. Masyarakat juga harus memahami betul kondisi saat ini. Karena jika terus terjadi lonjakan, dikhawatirkan rumah sakit tidak mampu lagi menampung pasien Covid-19 yang butuh penanganan intensif.

“Kita coba melihat langsung kondisi penanganan disini, harapan kita masyarakat juga tahu apa saja upaya yang dilakukan rumah sakit. Ini jadi tanggung jawab kita semua,” pungkas Rasid. (Adv/DPRD Kukar)

Share:
Tags:

About The Author