“Vitamin Bertenaga” Dukcapil Kukar Akan Dilaksanakan Tahun Depan

Tenggarong – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kukar segera meluncurkan proyek perubahan yakni Revitalisasi Pelaporan Kematian Berbasis Rukun Tentangga (Vitamin Bertenaga) yang akan diterapkan pada 2022 mendatang.

Proyek perubahan tersebut, diajukan Kepala Disdukcapil Kukar Muhammad Iryanto saat mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II tahun 2021 belum lama ini.

Iryanto mengatakan konsep itu diangkat lantaran melihat kondisi obyektif selama ini laporan kematian itu masuk rendah, baik tingkat daerah maupun nasional. Berdasarkan UU Adminduk nomor 24 tahun 2013 pasal 44 menjelaskan, setiap kematian itu wajib dilaporkan oleh rukun tetangga, maksimal 30 hari.

“Nah, saat ini banyak belum jalan, artinya ada kemungkinan RT tidak tahu tentang itu, jadi Vitamin Bertenaga ini membangkitkan kembali mandat yang diberikan kepada RT,” ujar Iryanto kepada Kaltimtoday.co, Kamis (18/11/2021).

Kepala Disdukcapil Kukar Muhammad Iryanto. (Mediaetam.com)

Untuk kebijakannya, Dukcapil bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar, sehingga program ini bisa bersamaan diterapkan dengan alokasi Anggaran Rp 50 juta per-RT. Jadi salah satu kegiatan RT yakni melaporkan kematian.

Dukcapil lanjut Iryanto, telah menyiapkan sistem pelaporan berbasis aplikasi yaitu ‘Idaman RT’ atau Informasi data administrasi kependudukan rukun tetangga. Supaya lebih mudah melaporkannya secara real time atau tepat waktu melalui ponselnya masing-masing.

“Dengan harapan cakupan angka kematian di Kukar itu bisa meningkat signifikan dengan adanya sistem pelaporan tersebut. Insyaallah apabila ini berjalan lancar itu merupakan salah satu alternatif solusi bagi sulitnya meningkatkan cakupan angka kematian di masyarakat,” ujarnya.

Tahap uji coba sambung Iryanto, sudah dilakukan pada bulan Oktober lalu, dan berhasil. Saat ini juga dilakukan sosialisasi di RT secara bertahap hingga penerapannya dilaksanakan secara menyeluruh di tahun 2022.

“Insya Allah Vitamin Bertenaga akan diterapkan dan implementasikan secara utuh pada 2022 mendatang,” tandasnya. (Advertorial)

Share:

About The Author