Badan Otorita IKN Dilantik, Anggota DPRD Samarinda Berharap Ada Peningkatan SDM

SAMARINDA – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo secara resmi menunjuk Bambang Susantono sebagai Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada Kamis (10/3/2022) kemarin.

Sekretaris Komisi III DPRD Samarinda, Novan Syahronny Pasie turut memberikan pandangan terkait Kepala Badan Otorita IKN terpilih. Ia berharap dilantiknya Bambang Susantono berdampak positif terhadap daerah Kaltim yang menjadi penyangga IKN. Terutama dari segi Sumber Daya Manusia (SDM).

“Menjadi Kepala Otorita IKN, tentu tidak hanya fokus di kawasan IKN saja. Tapi bagaimana memperhatikan seluruh sektor di Kaltim, terlebih sektor pendidikan,” ucap Novan sapaannya, Jumat (11/3/2022).

Sekretaris Komisi III DPRD Samarinda, Novan Syahronny Pasie. [Ist]

Dengan demikian, posisi Kaltim seharusnya bisa lebih unggul dan tidak tertinggal dengan provinsi lainnya dari sisi pembangunan. Maka dari itu, pemaksimalan kualitas SDM sangat perlu untuk dilakukan.

Novan menekankan peningkatan kualitas pendidikan menjadi sektor yang paling krusial. Dengan demikian kehadiran IKN bisa lebih dirasakan secara langsung kepada masyarakat Kaltim.

“Jangan sampai hanya IKN saja yang ada di Kaltim, tapi masyarakatnya tidak merasakan kesejahteraan apapun. Ya paling tidak kualitas SDM nya meningkat,” imbuh politisi dari Partai Golkar tersebut.

Pihaknya juga berharap agar Kepala Otorita IKN Nusantara kedepannya, tetap melibatkan tokoh masyarakat Kaltim yang berkompeten dalam proses pembangunan IKN, terutama dalam bidang peningkatan SDM.

“Paling tidak tokoh Kaltim bisa diberikan kesempatan untuk menjadi bagian dari pemerintahan yang ada, terutama peningkatan SDM,” tutupnya. (Adv)

Editor: Maulana

Bagikan:

About The Author