Bupati Realisasi Janji, Program Rp 50 Juta per RT Resmi Diluncurkan

Tenggarong – Program Kutai Kartanegara Inovasi, Berdaya Saing, dan Mandiri (Kukar Idaman) Rp 50 juta per RT resmi diluncurkan, digelar di Halaman Parkir Stadion Rondong Demang, Selasa, 28 Juni 2022.

Peluncuran program tersebut, sebagai salah satu dedikasi komitmen mewujudkan Kukar Idaman di bawah kepemimpinan Edi Damansyah dan Rendi Solihin.

Peluncuran atau launching ditandai dengan penyerahan simbolis Surat Penyediaan Dana (SPD) untuk RT di wilayah kelurahan dan Surat Perintah Pembayaran Dana (SP2D) untuk RT di wilayah desa, oleh Bupati Edi Damansyah dan Wabup Rendi Solihin.

Bupati Edi Damansyah mengungkapkan program 50 juta per RT merupakan salah satu program yang dialokasikan melalui kebijakan Bantuan Keuangan Kepada Desa (BKKD). Ditetapkan melalui Perbup Nomor 63 Tahun 2021, dengan tujuan untuk memberikan porsi kebijakan berskala lokal tingkat RT dalam mengatur pembangunan, pemberdayaan dan pembinaan di lingkungannya yang terintegrasi dengan pembangunan desa/kelurahan dan Pemerintah Kabupaten pada umumnya.

“Jadi untuk jenis kegiatan yang ditentukan dalam program ini, di antaranya merupakan hasil kunjungan kami ke lapangan di seluruh wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara, antara lain seperti kebijakan penganggaran kendaraan operasional, kegiatan gotong royong, atau kegiatan keagamaan di lingkungan RT,” kata Bupati Edi Damansyah.

Peluncuran dedikasi komitmen Program Kukar Idaman Rp 50 juta per RT, di Tenggarong, Kutai Kartanegara.

Bupati Edi meminta, jangan salah tafsirkan program ini, bahwa program 50 juta per RT bukan berupa dana segar, namun dalam bentuk program dan kegiatan di lingkungan RT.

Dalam pelaksanaannya, dilakukan gotong royong melibatkan masyarakat, sedangkan pelaksanaan dengan pola padat karya prioritas melibatkan warga berpenghasilan rendah.

“Jadi ini bukan duit cash, jadi ini program berbasis RT pagu dananya 50 juta per RT,” jelas Edi.

Edi bercerita kilas balik program 50 juta per RT ini didasarkan saat dirinya berkeliling ke sejumlah pelosok desa.

Bupati banyak menemukan para RT mengungkapkan keterbatasan ruang geraknya, fasilitasinya belum maksimal, hal itu bisa dipahami kekuatan fiskal di desa itu bersumber dari Dana Desa (DD), Alokasi Dana Desa (ADD) dan dari bagi hasil pajak, tiga sumber dana itu menjadi kekuatan APBDesa setiap tahun.

“Sehingga program ini salah satu kebijakannya yaitu penguatan fiskal di desa dan kelurahan,” kata bupati.

Khusus tahun pertama program ini, Edi meminta kebijakan pengadaan kendaraan operasional agar dapat dilakukan segera oleh desa, dengan menggunakan regulasi peraturan bupati (perbup) yang mengatur pengadaan barang/jasa di desa, yakni Perbup Nomor 5 Tahun 2020.

“Agar pemerintah desa selaku penanggung jawab pengelolaan keuangan desa dapat segera merealisasikan pengadaan kendaraan operasional ini,” pintanya.

Edi juga meminta kepada seluruh ketua RT agar dapat memanfaatkan dana program ini untuk mengatasi permasalahan yang ada di masing-masing RT.

Sementara itu, kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Arianto dalam laporannya mengatakan mekanisme pelaksanaan program ini untuk RT yang ada di desa akan disalurkan melalui desa dan kelurahan.

Infografis: Tak Sekedar Janji Rp 50 Juta Direalisasi. [Fajri/Mediaetam.com]

Program 50 juta per RT disebutkan peruntukannya antara lain, operasional RT berupa pengadaan kendaraan, operasional pendataan administrasi kependudukan, pembuatan peta profil desa, pelatihan pembangunan skala kecil di wilayah RT.

Jumlah RT di Kukar sebanyak 3.134 RT, dengan rincian 2.336 RT di 193 desa dan 798 RT di 44 kelurahan.

“Kami laporkan pak bupati, untuk realisasi pelaksanaan program 50 juta per RT sudah dimulai sejak Senin kemarin dan InshaAllah akan teruskan sampai seluruh RT mencairkan dana ini, karena dananya sudah tersedia,” ujarnya.

Hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Abdul Rasid, Dandim 0906 KKR Letkol Inf Jeffy Satria, Kapolres Kukar AKBP Arwin Amrin Wientama, para asisten, para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Camat serta diikuti secara virtual para RT di masing-masing desa dan kelurahan.

Dalam launching program 50 juta per RT selain dimeriahkan hiburan rakyat juga makan gratis bagi masyarakat, di mana bupati Edi Damansyah dan wabup Rendi Solihin turut berbaur bersama masyarakat menikmati makan gratis yang disediakan oleh OPD.

Ikuti dan sukai halaman kami untuk dapatkan sajian berita kekinian di sini.

Sumber: Prokom Kukar

Bagikan:

About The Author

Reply