Dilantik jadi Wamendagri, Intip Kekayaan Wempi Wetipo Capai Rp 65 Miliar

Medaietam.com, Ada empat pejabat yang dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini, Rabu, 15 Juni 2022. Satu di antaranya ialah Wempi Wetipo sebagai Wamendagri. Sebagai pejabat publik, satu hal yang kerap disorot ialah jumlah kekayaan, untuk Wempi Wetipo, kekayaannya tercatat mencapai Rp 65 miliar.

Dilansir dari Sindonews.com, mantan Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Wamen PUPR) pernah melaporkan harta kekayaannya ke KPK pada 19 Maret 2021. Yang dapat ditelusuri melalui laman laman elhkpn.kpk.go.id, harta kekayaan Wempi meliputi tanah dan bangunan.

Dia tercatat memiliki tiga tanah dan bangunan di Jayawijaya yang merupakan hasil sendiri. Kemudian, satu di Makassar yang merupakan warisan. Wempi juga tercatat memiliki sembilan aset tanah puluhan ribuan meter yang tersebar di daerah Jayawijaya, Papua. Jika dikalkulasikan tanah dan bangunan milik Wempi mencapai nilai Rp7,3 miliar.

Wamendagri John Wempi Wetipo. [Ist/Inews]

Tak hanya itu, mantan Bupati Jayawijaya tersebut juga memiliki aset berupa kendaraan. Wempi tercatat memiliki tujuh mobil yakni, Toyota Kijang tahun 2004; Jeep Wrangler tahun 2010; Toyota Fortuner Jeep tahun 2015; Jeep tahun 2014. Kemudian, dua Mitsubishi Outlander Sport tahun 2014; serta Toyota Fortuner tahun 2018.

Dia juga tercatat memiliki satu unit motor Yamaha tahun 2014. Jika ditotal keseluruhan kendaraan Wempi senilai Rp4 miliar. Wempi juga memiliki harta bergerak lainnya Rp563 juta. Politikus PDI-Perjuangan tersebut tercatat juga memiliki kas dan setara kas Rp513 juta. Dan yang menakjubkan, Wempi punya harta lainnya yang mencapai angka Rp52,9 miliar. Sehingga, jika ditotal keseluruhan, harta kekayaan John Wempi Wetipo mencapai Rp65.332.291.000 (Rp65 miliar).

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Rabu, 15 Juni 2022 dengan judul “Dilantik Jadi Wamendagri, Wempi Wetipo Punya Harta Fantastis Rp65 Miliar“.

Bagikan:

About The Author

Reply