Janji Politik Andi Harun-Rusmadi, Pemkot Samarinda Launching Pro Bebaya

Mediaetam.com, Samarinda – Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda launching Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat (Pro Bebaya) di Aula Rumah Jabatan Wali Kota Samarinda,  Jum’at (4/6/2021).

Suasana Launching Pro Bebaya oleh Pemkot Samarinda di Aula Rumah Jabatan Wali Kota Samarinda. (Mediaetam.com/Idham]

Pro Bebaya sendiri merupakan janji politik wali kota dan wakil wali kota Samarinda, Andi Harun-Rusmadi Wongso pada saat mereka mencalonkan diri, pada masa kampanye Pilkada 2020.

“Penting bagi saya dan Pak Rusmadi setelah terpilih untuk mengkonstruksikan agar menjadi kenyataan dan akhirnya hari ini kita launching (Pro Bebaya),” ucap Andi Harun.

Pro Bebaya sendiri diciptakan untuk mendukung percepatan kesejahteraan peningkatan dan pembangunan (Kewilayahan berbasis masyarakat Rukun Tetangga/RT) dengan semangat gotong-royong.

“Ini program yang diarahkan untuk membangun prakarsa dan partisipasi warga,” ucap dia.

Pro-Bebaya berprinsip transparan, partisipatif, akuntabel, dan berkelanjutan, sehingga membutuhkan partisipasi seluruh warga masyarakat termasuk ketua RT, sehingga manfaat hasil kegiatan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat secara berkesinambungan.

Untuk Pro Bebaya sendiri sudah dapat dimulai tahun ini pada APBD Perubahan, sebagai proyek percontohan atau pilot project akan ada satu RT di tiap kelurahan, yang kemudian secara bertahap akan dilaksanakan untuk kurang lebih 2000 RT yang tersebar di 59 kelurahan.

Rencana alokasi anggaran untuk pelaksanaan Pro Bebaya setiap RT adalah Rp. 100.000.000 sampai dengan Rp. 300.000.000 per tahun. Yang nantinya dananya akan diberikan ke kecamatan sebagai PA ( Penguasaan Anggaran) dan kelurahan sebagai KPA (Pelaksana).

“Karena RT ini tidak masuk dalam aparatur pemerintahan sesuai undang – undang. Intinya program ini agar pembangunan terdistribusi secara merata dan berkeadilan,” tutup Andi Harun. (Adv/Idham)

Share:

About The Author