Jumlah Pengangguran Meningkat, Salehuddin Harap Semua Pihak Maksimal Atasi Pengangguran

 

anggota DPRD Kaltim Salehuddin

Mediaetam.com, Samarinda – Lebih satu tahun pandemi covid 19 terjadi, sektor ekonomi terkena dampaknya. Mulai dari kerugian di perusahaan hingga kebangkrutan. Dari banyaknya perusahaan yang mengalami kerugian, imbasnya ke pekerja. Tak sedikit karyawan yang dirumahkan, bahkan dipecat karena ekonomi yang lesu.

Menanggapi permasalahan tersebut anggota DPRD Kaltim Salehuddin meminta Pemerintah Provinsi Kaltim untuk fokus mencari solusi dari keadaan tersebut.

“Kami minta komitmen pemerintah untuk fokus menangani juga masalah tersebut, karena refocusing tidak dicantumkan fokus utamanya adalah kesehatan,” jelas Salehuddin.

Lanjut Salehuddin, dari laporan yang dia terima berkaca dari tahun 2020, banyak terjadi lonjakan jumlah pengangguran terbuka sehingga jumlah kemiskinan meningkat.

Oleh karena itu, Salehuddin juga meminta OPD terkait juga maksimal kinerjanya untuk melahirkan program prioritas yang mengakomodasi tenaga kerja yang dirumahkan.

“Kita sudah minta beberapa opsi kepada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi saat kami melakukan audiensi,” ucap Salehuddin.

Selain itu Salehuddin juga meminta agar dinas – dinas lain seperti perindustrian, perdagangan, koperasi, dan pariwisata mengambil peran memberikan ruang atau fasilitas buat warga yang terkena pemutusan hubungan kerja.

“BPD Kaltimtara juga seharusnya memberikan intensif atau keringan terkait dengan pinjaman, agar misal ada masyarakat yang membutuhkan modal untuk membuat UKM bisa diproses,” pungkas Salehuddin.

Share:

About The Author