Kaleidoskop Kukar IDAMAN 2021: Akhir Baik untuk Menatap 2022

Akhir 2021 ditutup dengan apik oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara. Bagaimana tidak, dari 416 kabupaten se-Indonesia, Kukar berada di peringkat ke-5 dari penghargaan yang diberikan Ombsudman Republik Indonesia atau ORI.

Sekda Kukar Sunggono (baju biru), saat menerima penghargaan dari Ombudsman RI, di Jakarta. (HO/Prokom Kukar)

Apresiasi tersebut diraih, ganjaran dari kepatuhan yang tinggi terhadap standar pelayanan publik oleh Pemkab Kukar sepanjang 2021.  Penghargaan diserahkan Ketua ORI Mokhamad Najih, dan diterima Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar Sunggono, di Puri Ratna Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta, Rabu (29/12). Sekda Kukar Sunggono sangat berterimakasih kepada seluruh pihak di Kukar dan tak memungkiri, hal ini akan jadi pemicu dan memacu semangat untuk menatap lebih baik ke depannya. Untuk menyongsong 2022.

Di bawah kepemimpinan bupati dan wakil bupati, Edi Damansyah dan Rendi Solihin, Kukar mengusung visi Kukar Idaman. Mediaetam.com merangkum sejumlah catatan, tentang apa saja yang sudah terlaksana melalui Kukar Idaman sepanjang 2021 ini. Meski tak dipungkiri semua bisa kami rangkum karena keterbatasan berikut kami sajikan capaian-capaian tersebut:

Dimulai dari pelantikan

Usai memenangkan pemilihan kepala daerah Kutai Kartanegara, Edi Damansyah dan Rendi Solihin dilantik sebagai bupati dan wakil bupati pada 27 Februari 2021 lalu. Saat pandemi Covid-19, sehingga pelantikan dilakukan secara virtual.

Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah – Rendi Solihin oleh Gubernur Kaltim Isran Noor secara daring, di Ruang Serbaguna Kantor Bupati Kukar, Jumat (26/2/2021). [Mediaetam.com/Akbar]

Program Beasiswa Kukar Idaman

Salah satu hal yang dijanjikan program Kukar Idaman ialah beasiswa. Untuk tahun ini, Pemkab Kukar mengalokasikan anggaran Beasiswa Kukar Idaman sebesar Rp 6,3 miliar. Informasi terkait tentang beasiswa tersebut, disampaikan melalui website Beasiswa Kukar Idaman.

Tangkapan layar situs resmi Beasiswa Kukar Idaman 2021.

Peresmian Jembatan Idaman

Pada Maret lalu, Bupati Edi Damansyah meresmikan jembatan di Kelurahan Teluk Dalam, Kecamatan Muara Jawa. Peresmian tersebut, sebagai jawaban atas keterisolasian warga di sana yang kesulitan akses. Jembatan tersebut membuka keterisolasian masyarakat, dibangun dengan biaya Rp 21 miliar lebih, kini Jembatan Idaman sepanjang 80 meter tersebut bisa dilintasi masyarakat.

Bupati Kukar Edi Damansyah saat meninjau perkembangan pembangunan Jembatan di Teluk Dalam, Kecamatan Muara Jawa, Kukar. (Mediaetam.com/Ist)

Hasil Kerja Keras Penanganan Covid-19

Ragam upaya dilakukan Pemkab Kukar untuk menanggulangi kasus COVID-19. Mulai dari sosialisasi, hingga pengetatan penerapan protokol kesehatan, alhasil, Kukar berhasil mencapai zero kasus COVID-19 pada 27 November lalu. Vakinasi massal juga terus berjalan, dengan tujuan meningkatkan herd immunity warga Kukar.

 

Program IDAMAN UMKM Kukar

Pemkab Kukar pada 18 April lalu meluncurkan program Inovasi Dagang Kemitraan (IDAMAN). Melalui program tersebut, Edi Damansyah optimis akan membantu 38.215 UMKM di Kukar. Mulai dari soal kemajuan teknologi, hingga bantuan perluasan pasar untuk produk lokal, dijalankan melalui program IDAMAN.

 

Perlindungan Sosial untuk Perangkat desa hingga RT

Pemkab Kukar memfasilitasi jaminan perlindungan sosial bagi aparatur desa melalui BPJS Ketenagakerjaan, ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) tentang jamsos bagi kepala desa (kades), perangkat desa, anggota BPD, dan ketua RT pada Kamis, 7 Oktober 2021 lalu.

 

Persiapan menyambut IKN

Wilayah Kukar akan menjadi ibu kota negara (IKN). Untuk itu, Pemkab Kukar ingin menjadi mitra proses pembangunan tersebut, tak sekedar menjadi penyangga IKN. Pemkab Kukar siap berkontribusi, termasuk penyaluran aparatur sipil negara (ASN) untuk IKN.

 

Kredit Kukar IDAMAN

Program kredit Kukar Idaman resmi diluncurkan bupati Edi Damansyah, pada 28 Oktober lalu. Dengan harapan, dapat mendukung memecahkan permasalahan dalam pengembangan ekonomi masyarakat yang memerlukan tambahan modal, khususnya diprioritaskan kepada masyarakat yang bergerak di usaha mikro, pedagang kaki lima dan wirausaha baru. Menurut Bupati Edi Damansyah, program KKI tersebut dengan bunga 0 persen, proses cepat, berbiaya rendah, persyaratannya pun lebih mudah dibandingkan kredit reguler Bankaltimtara lainnya.

Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah, saat peluncuran Kredit Kukar Idaman, di Pasar Mangkurawang, Tenggarong, Kukar, Kamis, 28/10/2021. (Mediaetam.com)

Kukar Kaya Festival

Sebagai bentuk dukungan dan kepedulian terhadap budaya dan juga pengembangan ekonomi kreatif, Pemkab Kukar memiliki program Kukar Kaya Festival. Meski terhambat pandemic, ragam festival budaya telah digelar, baik secara langsung dan juga virtual. Seperti Tenggarong Crative Fest, Festival Kudungga, Festival adat pedalaman suku Dayak di Kukar, Desembber mendatang aka nada Festival Danau Semayang.

 

Terang Kampungku, akses listrik 24 jam di desa-desa

Melalui program ‘Terang Kampungku’, desa Muara Siran kecamatan Muara Kaman telah dialiri listrik selama 24 jam. Memastikan hal tersebut, Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah terjun langsung meninjau ke rumah-rumah warga yang saat ini telah menikmati listrik pada Rabu (17/11/2021) lalu. Program Terang Kampungku akan menyasar 14 desa di Kukar, yang sebelumnya belum mendapatkan akses aliran listrik 24 jam.

 

Pemenuhan air bersih

“Pemenuhan hak dasar termasuk air bersih itu harus selesai hingga tahun 2023, karena dari 193 desa dan 44 kelurahan yang terlayani sarana air bersih melalui Perumda Tirta Mahakam sebanyak 123 desa dan 44 kelurahan, jadi masih ada 70 desa yang belum,” kata Edi Damansyah. Untuk mewujudkan hal tersebut, PDAM di Kukar diminta bekerja ekstra, serta perluasan pembangunan PAMSIMAS juga akan terus berjalan.

Sejumlah PAMSIMAS telah diresmikan, dengan target akan dibangun di 12 desa di Kukar.

(Ahmad Fajri Alam/Mediaetam.com)

Raih Penghargaan dari BPK RI

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) tercatat progres paling tinggi tindak lanjut dan pemantauan kerugian negara  semester ll tahun 2021, yakni sebesar 86 persen.

“Alhamdulillah kukar progres paling. Terima kasih dan apresiasi yg setinggi tingginya kepada bupati, pak wakil bupati, sekda dan kepala OPD yg telah berkomitmen sangat tinggi terhadap masalah TL LHP BPK RI,” kata Kepala Inspektorat Wilayah (Itwil) Kukar Heriansyah, Senin, 13/12/2021.

BPK RI memberikan 2 penghargaan yaitu progres tertinggi dan pemanfaatan Sistem Informasi  Pemantauan Tindak Lanjut (SIPTL).

 

Pengamanan natal dan tahun baru

Guna memastikan perayaan natal dan tahun baru di Tenggarong berjalan aman dan kondusif, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara  (Kukar) bersama  Polres Kukar, Kodim 0906, Satpol PP, Dishub dan BPBD Kabupaten Kukar melakukan monitoring dan patroli, menggunakan kendaraan roda dua, dimulai dari Mapolrer Kukar dengan rute Gereja Maduningrat Kelurahan Melayu dan berakhir di Pos penjagaan keamanan depan penyeberangan pulau kumala,Jumat malam (24/12/21).

 

Demikian rangkuman kaleidoskop Kukar IDAMAN 2021, selamat menyambut tahun 2022.

Bagikan:

About The Author