Kerjasama Dengan Diskominfo Kukar, Desa Batuah Bentuk 42 KIM

 

 

Mediaetam.com, Tenggarong – Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, kesadaran masyarakat untuk memperoleh pengetahuan melalui penggunaan dan pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi semakin tinggi.

 

Hal inilah yang mendorong pentingnya kehadiran Kelompok Informasi Masyarakat  (KIM) sebagai media pelayan informasi di suatu daerah.

 

Terbaru adalah kerjasama Dinas Informasi dan Komunikasi Kutai Kartanegara dan Desa Batuah yang membentuk 42 KIM dari 49 RT yang ada.

 

Abdul Rasyid, Kepala Desa Batuah mengatakan bahwa dorongan yang kuat dari masyarakat serta dukungan dari Diskominfo Kukar menurutnya memudahkan pembentukan KIM di Batuah. Pembentukan KIM, menurut Rasyid didasari pada masyarakat yang aktif bermedia sosial.

 

“Kalo dibentuk KIM ini kan nanti terukur informasi yang disampaikan dan pasti positif,” ucap Rasyid saat dihubungi melalui Telepon Seluler, Rabu, 2/12/2020, pagi.

 

Dia menambahkan ingin memberikan edukasi masyarakat dalam memanfaatkan media sosial dan yang paling penting menurutnya, akan jadi sarana marketing tentang Desa Batuah.

 

“Batuah itu luas, wilayahnya terpencar, maka untuk memudahkan pembangunan kita harus bergerak dari bawah, KIM kita harapkan untuk memudahkan kita dalam pembangunan,” ucapnya.

 

Menurutnya keterlibatan masyarakat adalah bagian dari keterbukaan kita dalam membangun, ia menambahkan tak ada yang perlu disembunyikan ketika semuanya berada di kehidupan yang serba terbuka.

 

Ke depan, dirinya mengatakan setelah pembentukan KIM, Desa Batuah akan bekerjasama dengan Diskominfo Kukar untuk melakukan pelatihan terkait KIM.

 

“Pelatihan ini bertujuan agar masyarakat lebih tau secara mendalam apa yang menjadi tugas dan fungsi KIM,” ucapnya. (Akbar)

 

Abdul Rasyid, Kepala Desa Batuah.

Share:

About The Author