Peluncuran Kredit Kukar Idaman, Agar Masyarakat Tak Terlilit Rentenir

TENGGARONG – Mengantisipasi masyarakat terlilit hutang atau pinjaman dengan rentenir, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) meluncurkan program Kredit Kukar Idaman (KKI) tanpa bunga.

Bupati Kukar, Edi Damansyah melaunching atau peluncuruan KKI, di teras pasar Gerbang Raja Mangkurawang, Kecamatan Tenggarong, Kamis (28/10/2021).

Bupati Kutai Kartanegara dan sejumlah pimpinan lembaga terkait duduk bersama, saat peluncuruan KKI di Pasar Mangkurawang, Tenggarong, Kukar. (Mediaetam.com)

Edi sapaanya mengatakan dalam pelaksanaannya dilakukan oleh Bank kaltimtara. KKI hadir dalam rangka mendukung permodalan masyarakat terutama para pelaku usaha baik usaha mikro yang sudah berjalan atau baru memulai.

Semangat besar komitmen pemerintah untuk memfasilitasi salah satunya bagaimana warga kita tidak ada lagi yang terlilit dengan rentenir.

Lantaran baru di launching jadi banyak masyarakat belum mengetahui program ini. Nanti sosialisasi akan digalakkan seluruh Kecamatan, hingga semua mengetahui.

“Saya berharap masyarakat agar mengakhiri perhubungan dengan rentenir, pemerintah hadir memberikan perlindungan dengan modal tanpa bunga. Kita mulai dari pasar Mangkurawang karena layanan sudah dengan baik,” tuturnya.

Kemudian sebagai edukasi budaya menabung karena didalam kredit diwajibkan menabung minimal sebulan Rp 100 ribu. Pasalnya, kebijakan sudah bergeser yang awalnya transaksi tunai kini jadi non tunai. Hal ini bagian daripada sinergitas kebijakan nasional dalam rangka percepatan akses keuangan daerah yang diberikan tugas di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Kami bersyukur bahwa Kukar terpilih oleh OJK Kaltim untuk penerapan kebijakan ini, kebijakan seiring dengan program prioritas kami, Usaha Kecil Idaman,” pungkasnya. (adv)

Bagikan:

About The Author