Samsun Soroti Kerusakan Lingkungan Daerah Pesisir Kukar yang jadi Calon Wilayah IKN

Mediaetam.com, Samarinda – Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun kembali menyoroti persoalan tambang saat dirinya melakukan perjalanan darat melewati Sanga-Sanga menuju Samboja.

Samsun

Dalam perjalanan tersebut Samsun beserta rombongan masih menjumpai banyaknya lahan terbuka akibat aktivitas tambang dan adanya kendaraan tambang yang melewati jalan umum, sehingga mengakibatkan kerusakan lingkungan dan jalan.

 

“Semestinya alam kita harus baik, dan kalau pun ada yang melakukan aktivitas penambangan mustinya ada reklamasi,” ucap Samsun.

 

Lanjut Samsun menceritakan, sepanjang jalan dia lihat banyak sekali lahan yang terkupas oleh aktifitas tambang. Sedih dan cukup memperihatinkan kondisinya.

 

“Tadi juga ada rombongan yang baru liat pengalihan jalan provinsi yang di peruntukkan untuk jalan tambang di Muara Jawa- Dondang,” jelas Samsun.

 

Nantinya menurut Samsun, Komisi III yang membidangi ataupun anggota yang lain silahkan menyampaikan sikap politik mereka agar memberikan rekomendasi kepada DPRD untuk segera di buatkan tim pansus tambang.

 

“Saya tidak bisa membatasi teman-teman anggota DPRD yang lain, karena mereka mempunyai hak yang sama melakukan kontrol terhadap provinsi kaltim,” ucap Samsun.

 

Di akhir Samsun mengharapkan semua memiliki peran dalam menjaga alam yang begitu rusak, apalagi di wilayah pesisir.

 

“Pemerintah harus tegas jangan kalah sama tambang, tidak elok rasanya jika daerah calon IKN mengalami kerusakan lingkungan,” Tutup Samsun.(Adv/Idham)

 

Bagikan:

About The Author