Seno Aji Minta Daerah Buat Blueprint SDM Jelang IKN di Kaltim

Mediaetam.com, Samarinda – Menghadapi Persaingan yang akan terjadi saat Ibu Kota Negara dipindahkan dari Jakarta ke Kalimantan Timur, Wakil Ketua DPRD Kaltim Seno Aji meminta kota dan kabupaten di Kaltim menyiapkan Blueprint.

Seno Aji

Untuk diketahui bersama, Blueprint atau Cetak biru adalah kerangka kerja terperinci sebagai landasan dalam pembuatan kebijakan yang meliputi penetapan tujuan dan sasaran, penyusunan strategi, pelaksanaan program dan fokus kegiatan serta langkah-langkah atau implementasi yang harus dilaksanakan oleh setiap unit di lingkungan kerja.

“Blueprint merupakan hal yang bagus seperti yang dicontohkan oleh Kabupaten PPU, mereka sudah membuat Blueprint terkait SDM mereka,” ucap Seno Aji.

Seno Aji menjelaskan, dengan bermodalkan Blueprint Kabupaten PPU sudah sangat siap dengan persaingan di IKN. Bagaimana di awal mereka mendata jumlah masyarakat yang tidak bekerja di setiap kelurahan atau desa, lalu mereka berikan pelatihan yang dibiayai oleh Pemkab PPU.

“Semua kabupaten/kota wajib mempunyai pola yang mirip seperti itu, akan tetapi jangan di bidang yang sama, kalau misal PPU di bidang konveksi, mungkin kabupaten Kukar bisa di pertanian,” jelas Seno Aji.

Menurutnya, peluang bagi masyarakat Kaltim di Ibu Kota Negara nantinya akan sangat terbuka luas, Konsep itu harus dipikirkan dari sekarang.

“Tinggal bagaimana kepala daerah menerjemahkan tenaga kerja yang dibutuhkan oleh IKN dan itu harus di lakukan oleh semua kota dan kabupaten,”tutup Seno Aji.

Bagikan:

About The Author