Wali Kota Andi Harun Momen Bukber Jurnalis: Sebar Kebaikkan dan Fakta

Samarinda – Wali Kota Samarinda Andi Harun dan jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda menggelar buka puasa bersama (bukber) para jurnalis, di Anjungan Karamumus, Kota Samarinda, Kamis, 28 April 2022.

“Ayo jadikan profesi jurnalis untuk menyebar berita kebaikkan yang menjanjikan fakta, meski ada kekurangan, tapi tujuannya bukan merendahkan seseorang,” kata Andi Harun, pada momen bukber jurnalis.

Hal itu, kata Andi Harun, sejalan dengan semangat bulan suci Ramadan 1143, agar kita berlomba-lomba untuk berbuat kebaikan. Dia juga mengingatkan, akan pentingnya media sebagai sumber informasi masyarakat.

Pada momen itu, Andi juga membahas tentang pentingnya pengecekan fakta dan verifikasi pada proses kerja jurnalistik oleh wartawan yang juga sekaligus menjadi syarat mutlak.

“Profesi kalian berbahaya, dalam perspektif agama, setiap ketikkan huruf, jika tidak disiapkan dengan niat yang baik, maka akan ada pertanggungjawabannya,” kata Andi.

Wali Kota Samarinda Andi Harun menyampaikan pesan pada momen bukber jurnalis, Kamis, Anjungan Karamumus, Samarinda. [Mediaetam.com/Maulana]

Andi juga menyampaikan pandangannya soal berita yang ia nilai bermuatan aib. Menurutnya, jika informasi tentang aib, ada dua kemungkinan. Yakni berpotensi menjadi ghibah hingga fitnah.

“Anggaplah pak Ibrahim (pejabat), kalau benar beliau mencuri maka itu adalah ghibah, kalau tidak benar maka itu adalah fitnah,” terang Andi Harun.

Meski begitu, lainnya hal jika berkenaan dengan informasi publik mengacu Undang-Undang (UU) Nomor 40/1999 tentang Pers.

Andi Harun menyebut, dalam aturan itu juga menuntut awak media melakukan upaya konfirmasi guna menangkal hoaks, serta menaaati kode etik yang berlaku.

“Berita tidak boleh menghantam pribadi seseorang, karena itu masuk pembunuhan karakter. Jadi, perintah agama dan hukum sama-sama mendukung media untuk lebih baik,” imbuhnya. (Redaksi Mediaetam.com)

Editor: Maulana

Bagikan:

About The Author

Reply