Wali Kota Andi Harun Panen di Makroman

Mediaetam.com, Samarinda – Wali Kota Samarinda Andi Harun beserta rombongan dan Kelompok Tani Bina Karya Makroman Samarinda melakukan panen di lahan seluas 130 Hektare pada Kamis pagi 4 Maret 2021.

 

“Lahan seluas 130 hektare ini sudah siap untuk dipanen, sampai saat ini sudah setengahnya dipanen,” ucap Andi Harun.

 

Dengan ada panen padi ini, membuktikan bahwa Kota Samarinda juga mempunyai potensi pertanian yang besar. Pemerintah harus berada di tengah-tengah petani dan mendukung para petani.

 

Pertanian merupakan sektor yang utama sebagai sebagai penyangga ketahanan pangan, ke depan Andi Harun mengatakan akan melakukan proteksi terhadap lahan pertanian melalui Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang saat ini sedang dalam pembahasan agar daerah yang menjadi lahan pertanian, tidak mudah diubah status lahannya.

 

“Kita akan berusaha dari tahun ke tahun agar terjadi peningkatan luas lahan pertanian, sehingga produksi padi kita juga meningkat setiap tahunnya,” kata Andi Harun.

Andi Harun bersama para petani Makroman

Pemerintah berjanji akan mensuport para petani melalui penyediaan alat-alat pertanian dan juga penyediaan bibit dari varietas yang unggul dan berkualitas.

 

“Saya sudah memberi arahan kepada kepala dinas untuk menjadikan ini sebagai program pemerintah Samarinda,” ucap Andi Harun.

 

Andi Harun juga mengatakan dalam pembahasan APBD Perubahan dan APBD tahun 2022 berkomitmen untuk menyediakan alokasi anggaran peningkatan bidang pertanian.

 

“Tadi juga ada petani yang mengeluhkan saluran drainase, dan saya sudah sampaikan ke kepala dinas dan camat untuk segera dibuatkan usulan untuk mengatasinya problem masalah petani kita di sini,” tutup Andi Harun.(Idham)

 

Bagikan:

About The Author