DPRD Kaltim Apresiasi Peningkatan Pelayanan Samsat di Berau

Foto Humas DPRD Kaltim

Berau – Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK, bersama dengan Wakil Ketua Komisi II DPRD Kaltim Baharuddin Demmu  dan Anggota Komisi II DPRD Kaltim Ismail ST menghadiri acara Peresmian Samsat Payment Point Bankaltimtara Kantor Cabang Pembantu (KCP) pada tiga kecamatan di Berau, Kamis (19/11/2020) lalu.

Dijelaskan oleh Makmur, Peresmian kantor samsat di Berau sebagai upaya Pemprov Kaltim dalam meningkatkan pelayanan pajak kepada wajib pajak. Diketahui, sedikitnya, ada tiga Samsat Payment Point Bankaltimtara yang diresmikan langsung oleh Gubernur Kaltim Isran Noor, yakni di KCP Kecamatan Segah, Batu Putih dan Kecamatan Pulau Derawan.

 

Usai menghadiri peresmian, Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK memberikan apresiasi kepada Pemprov Kaltim dalam hal ini Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kaltim yang sukses menjalin kerjasama dengan Bankaltimtara dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada wajib pajak.

 

“Dengan adanya kantor pelayanan pajak di tiga kecamatan di berau ini, harapannya masyarakat lebih taat dan patuh dalam membayar pajak. Karena, semakin tinggi kesadaran masyarakat akan pajak, semakin berdampak baik  pula terhadap pendapatan daerah,” sebut Makmur.

 

Hal senada disampaikan Wakil Ketua Komisi II DPRD Kaltim Baharuddin Demmu. Dirinya ikut mengapresiasi atas upaya pemerintah dalam memaksimalkan potensi pendapatan daerah. Salah satunya, dengan meningkatkan pelayanan agar mudah dijangkau oleh masyarakat.

 

“Dengan pelayanan yang baik, kita harapkan pendapatan daerah akan terus meningkat. Agar semakin banyak program-program pembangunan yang bisa dibuat dan bermanfaat untuk kepentingan masyarakat Kaltim,” jelas Politikus PAN ini.

 

Sementara itu, Gubernur Kaltim Isran Noor mengatakan, pajak menjadi salah satu sumber pendapatan negara. Khususnya pendapatan asli daerah (PAD) guna menggerakkan roda pembangunan daerah. “Semakin dekat pelayanan, maka semakin meningkat pula kesadaran masyarakat dalam menunaikan kewajiban mereka kepada negara, terutama membayar pajak kendaraan bermotor,” kata Isran.

 

Kepala Bapenda Kaltim Ismiati menjelaskan, dengan dibukanya layanan ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan daerah dari sektor pajak kendaraan bermotor. “Bicara tentang potensi kendaraan terdapat 141.770 unit kendaraan di Berau. Terdiri dari 124.037 unit roda dua dan 17.733 unit roda empat,” jelasnya. (adv)

Share:

About The Author