DPRD Kukar Soroti Fungsi Drainase di Jalan Danau Jempang Tenggarong

Kukar – Perbaikan dan normalisasi drainase di Jalan Danau Jempang, Tenggarong ternyata disoal anggota DPRD Kutai Kartanegara (Kukar). Bukan karena tidak tepat sasaran, namun dampak dari pembangunan itu, menyebabkan jalan rusak dan malah kerap jadi genangan dikala hujan turun. Dianggap drainase di bagian kiri dan kanan, tidak berfungsi dengan semestinya.

Padahal adanya perbaikan drainase di lokasi itu tersebut, sudah rampung beberapa waktu lalu, mestinya bisa mengurangi adanya genangan. Namun yang tampak malah sebaliknya.

Ruas Jalan Danau Jempang Tenggarong, apabila terjadi hujan sebagian jalan dipastikan akan tergenang dan lambat lain merusak badan jalan. (ist)

Karenanya, sorotan pun datang dari anggota DPRD Kukar Dapil Tenggarong, Ria Handayani. Meski pihaknya belum mengetahui penyebab pastinya, tetapi air yang tergenang biasanya bisa bertahan seharian.

Selain itu, aduan pun didapat dari masyarakat sekitar yang merasakan dampak dari genangan air itu secara langsung. Bahkan jika genangan air tinggi bisa sampai masuk ke pekarangan rumah warga. Tak cuma itu, genangan itu juga cukup mengganggu aktivitas lalu lintas masyarakat setiap melintas.

“Kalau bisa secepatnya diperbaiki, apalagi itu belum selesai. Jangan dianggap enteng karena jika dibiarkan lama kelamaan akan menjadi parah lagi,” ungkap wanita berkerudung tersebut.

Politisi Gerindra itupun meminta kepada dinas terkait, agar segera menindaklanjuti permasalahan ini dan jangan sampai malah berlarut-larut. Mengkaji dan menganalisa kembali apa yang menjadi akar permasalahannya, apakah ada penyumbatan atau tidak. Jika memang benar ada permasalahan maka harus segera diperbaiki, karena fungsi gorong-gorong sendiri memang untuk memperlancar aliran air tanpa hambatan menuju sungai.

“Semoga segera ada penanganan dari dinas terkait supaya setiap kali hujan, air tidak tergenang,” harapnya.

Ria pun menyampaikan, sudah seharusnya dinas terkait memperhatikan akses jalan. Akibat perbaikan drainase itu, badan jalan semakin sempit dan lebih rendah dibandingkan dengan permukaan gorong-gorong. Sehingga persoalan ini harus segera diselesaikan agar masyarakat tidak merasakan dampak ini terus-menerus.

“Harapan kami tahun ini bisa terlaksana, berikan yang terbaiklah kepada masyarakat,” pungkas Ria Handayani. (Adv/Dprd Kukar)

Share:
Tags:

About The Author