ESDM Kaltim Dukung Kampanye Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik

SAMARINDA – Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Christianus Benny meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Shelter Kantor PLN UP3 Samarinda di Jalan Gajah Mada, Rabu (26/1/2022).

Pemprov Kaltim, kata Benny, sangat mendukung program nasional Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).

“Kaltim ini satu dari enam provinsi yang pertama mendukung program kendaraan listrik di Indonesia,” kata dia, melalui siaran pers, yang diterima media ini.

Peresmian SPKLU di Jalan Gajah Mada, Kota Samarinda. (ist)

Sejak 2021, kata Benny, ESDM Kaltim telah memberikan dukungan, melalui penyiapan SPKLU, selain yang direncanakan PLN.

“Dari tahun lalu kami sudah merancang SPKLU seperti di PLN ini. Rencananya di sekitar kawasan Stadion Madya Sempaja,” ungkap Benny.

Dinas ESDM Kaltim juga akan menyusun pengadaan mobil listrik untuk operasional. Hal tersebut, kata dia, sebagai bentuk dukungan lain dalam kampanye penggunaan kendaraan bermotor listrik.

“Dukungan ini akan bersesuaian dengan upaya percepatan yang dilakukan oleh PLN. Karena itu, diharapkan semangat masyarakat untuk menggunakan mobil listrik ini akan semakin meningkat lagi,” kata Benny.

“Apalagi akan ada insentif dari PLN dan pemerintah untuk keringanan pajak,” sambungnya.

General Manager PT PLN Unit Induk Wilayah Kaltimra Saleh Siswanto menjelaskan ke depan pihaknya akan menambah lagi SPKLU di Kaltim.

“Tahun ini akan kita tambah 6 SPKLU lagi. Empat di Kaltim dan dua di Kaltara. Beberapa kota masih akan kita survei seperti Bontang dan Tenggarong,” ujar Saleh Siswanto. (Maulana)

Bagikan:

About The Author