Jalan Alternatif Desa Sidomulyo Diminta Segera Disemenisasi

Kukar – Jalur alternatif penghubung antara Desa Anggana dan Desa Kutai Lama, yang berada di Desa Sidomulyo, didesak wakil rakyat untuk segera diperhatikan dan diperbaiki. Dikarenakan jalan sepanjang 2,2 kilometer tersebut belum pernah tersentuh perbaikan berupa semenisasi oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kukar.

Anggota Komisi III DPRD Kukar Heri Asdar. (Mediaetam.com)

Padahal, jalan yang berupa tanah bercampur bebatuan tersebut, selama ini dipakai untuk jalan alternatif pasca jembatan milik Pertamina disana tidak berfungsi lagi. Sehingga memang seharusnya segera ditingkatkan kapasitas jalannya.

“Sangat urgent, bahaya buat pengendara yang melintas banyak lubang dan berdebu jadi harus diperhatikan,” ujar Anggota Komisi III DPRD Kukar, Heri Asdar.

Apalagi saat kondisi hujan turun, semakin memperparah keadaan, dapat mengakibatkan lumpur dan membuat kontur tanah menjadi turun. Maka dari harus cepat diselesaikan. Dan politisi Partai Golkar tersebut mengatakan, jika DPRD Kukar bakal mengawasi pemerintah terkait langkah pemerintah untuk masalah jalan ini.

Terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kukar, Wisnu Wardana mengatakan pihaknya sedang mempersiapkan rencana umum untuk proses lelang. Dengan anggaran yang mencapai Rp 9 miliar. Yang dialokasikan melalui APBD Perubahan Kukar 2021 ini.

“Mungkin sekitar 10 sampai 15 hari ini ada hasil jadi bisa gerak cepat, karena badan jalan sudah stabil juga jadi tidak perlu banyak penambahan,” ungkap Wisnu.

Memang sejak Februari lalu, akses ini sempat diperbaiki. Tetapi dari dana yang berasal dari CSR perusahaan yang beroperasi sekitar Kecamatan Anggana. Total uang sebesar Rp 700 jutaan terkumpul, hasil dari “patungan” 12 perusahaan swasta yang ada di Kecamatan Anggana. (adv/dprd kukar)

Share:
Tags:

About The Author