Jenderal Bintang Satu Jadi “Irup” Upacara Bendera SDN 002 Ini Pesannya

SAMARINDA – Sebagai implementasi Program Pembinaan Teritorial (Binter) dan penerapan wawasan kebangsaan di wilayah Korem 091/ASN, kali ini Danrem 091/ASN menjadi Pembina Upacara (Irup) dan sekaligus peringatan hari lingkungan hidup sedunia di sebuah sekolah Dasar Negeri 002 Samarinda Kota Jalan Bhayangkara, Upacara berlangsung khidmat, yang di ikuti oleh siswa-siswi dan pengajar. Senin (6/6/2022).

Para siswa-siswi begitu antusias mengikuti jalannya upacara bendera yang dipimpin oleh Danrem 091/ASN Brigjen TNI Dendi Suryadi, S.H., M.H, yang bertindak sebagai inspektur upacara.

Dalam amanatnya Danrem 091/ASN menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas semangat dan antusias yang ditunjukkan oleh para peserta upacara.”Saya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas semangat dan antusias adik-adik siswa-siswi pelajar sekalian”, sebut Danrem.

“Sekolah ini dulunya bernama SD teladan berubah menjadi SD 009 dan sekarang berubah lagi menjadi SDN 002 dan saya pernah besekolah di sini dan lulus pada tahun 1982. Saya siap memberikan motivasi, inspirasi bagi segenap siswa SDN 002 untuk senantiasa menyiapkan diri menjadi generasi penerus cita-cita bangsa”, ingat Danrem.

Upacara bendera yang dipimpin Danrem 091/ASN Brigjen TNI Dendi Suryadi, S.H., M.H, yang bertindak sebagai inspektur upacara, di SDN 002 Samarinda. [Dok. Penrem 091/ASN]

Danrem menambahkan, “Upacara bendera bertujuan menumbuhkan rasa nasionalisme anak bangsa. Nasionalisme merupakan jiwa bangsa Indonesia yang harus melekat selama negara ini masih berdiri. Oleh karena itu, upacara bendera menjadi salah satu kegiatan penting untuk membentuk karakter bangsa. Apalagi upacara bendera ini juga dilakukan untuk memperingati kemerdekaan Republik Indonesia. Maka adik-adik siswa-siswi pelajar harus tetap berlatih dalam melakukan kegiatan upacara, tapi kegiatan adik-adik hari ini sangat bagus”.

“Apapun agama kita maka adik-adik siswa-siswi pelajar harus taat beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan janji siswa yang telah diucapakan, dan harus menghormati orang tua masing-masing, harus menghormati guru dan menghormati umur yang lebih tua”, pinta Danrem.

Akhirnya Danrem berpesan kepada seluruh siswa- siswi pelajar agar memanfaatkan kesempatan yang ada sebaik mungkin dengan belajar yang tekun mampu berkarya di segala bidang yang bermuara pada prestasi yang dapat membanggakan diri sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. “Hindari segala hal yang negatif seperti Narkoba, perkelahian pelajar, seks bebas, kenakalan remaja ataupun hal-hal lain yang dapat merugikan diri sendiri dan masa depan kita”.

Sementara itu Kepala Sekolah SDN 002. Isnawati, menyampaikan apresiasinya atas kegiatan upacara bendera yang dilaksanakan Korem 091/ASN di sekolah ini. “Ini sebuah kegiatan yang positif dalam rangka untuk menanamkan wawasan kebangsaan kepada generasi muda”, ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa kegiatan seperti ini merupakan suatu cara untuk merawat dan memberikan pemahaman yang baik tentang Bangsa Indonesia sehingga sedini mungkin para generasi muda akan mengetahuinya.

Kegiatan ini mendapat Respons yang luar biasa dan tanggapan positif dari lingkungan sekolah, baik dari kepala sekolah, guru maupun para orang tua. Bahkan pihak sekolah mengharapkan kegiatan serupa sebaiknya dijadikan kegiatan rutin yang perlu dilakukan oleh satuan jajaran Korem 091/ASN.

Kegiatan upacara tersebut dilakukan penandatanganan MOU antara SDN 002 Samarinda Kota dengan Danrem 091/ASN dengan tujuan untuk membangun Kemitraan dalam upaya pencegahan, pengendalian kerusakan dan pelestarian lingkungan.

Sumber : Penrem 091/ASN

Bagikan:

About The Author

Reply