Kecelakaan Maut di Balikpapan, Truk Tronton Tabrak Sejumlah Kendaraan Saat Lampu Merah

BALIKPAPAN – Truk tronton menabrak sejumlah kendaraan roda dua dan roda empat, di lampu merah (trafic light) Muara Rapak, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat, 21 Januari 2021.

“Iya (benar) tadi pagi (kejadiannya),” kata Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Yusuf Sutejo, kepada wartawan.

Dari data yang dihimpun, kecelakaan maut tersebut terjadi sekitar pukul 06.15 Wita.

Sopir truk diketahui berinisial MA, warga Balikpapan, 48 tahun. Mengemudikan truk tronton dengan nopol KT 8534 AJ.

MA diketahui mengemudi truk tersebut sejak pukul 05.00 Wita dari lokasi parkir truk tersebut di Jalan Pulau Balang Km 13, Balikpapan Utara.

Truk tronton diduga rem blong menabrak sejumlah kendaraan di lampu merah Muara Rapak, Balikpapan. (Ist)

Truk dikabarkan bermuatan kontainer 20 fit yang berisikan kapur pembersih air dengan berat 20 ton.

Truk hendak menuju ke Kampung Baru Balikpapan Barat. Sesampai di depan Rajawali Foto Km 0,5, sopir disebut sudah mulai mengurangi perseneling dari 4 ke 3.

Kemudian, sesampai di depan salah satu bank, rem sudah tidak berfungsi dan truck tronton meluncur laju dan menabrak yang ada di depannya. Tragisnya, saat kejadian, kendaraan yang ditabrak truk tronton sedang berada di trafic light Muara Rapak yang sedang lampu merah.

Data sementara yang berhasil dihimpun dari peristiwa tersebut, 5 orang dinyatakaneninggal dunia, 4 orang luka berat, dan proses pembaruan data masih dilaksanakan oleh pihak berwenang.

Trafic light di lokasi kejadian roboh, pagar pembatas jalan rusak, sejumlah kendaraan yang ditabrak: 6 unit roda empat (2 unit angkutan kota (angkot), 2 unit pikap, 2 unit kendaraan pribadi) dan 14 unit roda empat.

Usai kecelakaan, para korban kemudian dibawa ke sejumlah rumah sakit terdekat di Balikpapan. Yakni Rumah Sakit Umum Kanujoso, Rumah Sakit Beriman, dan Rumah Sakit Ibnu Sina.

“Kita masih prioritas korban, kalau untuk pengemudi sudah kami amankan di Polresta Balikpapan,” kata Humas Polda Kaltim Yusuf.

“Yang kami prioritaskan Penanganan evakuasi korban, dan lain sebagainya, lalu melakukan olah TKP di lapangan,” pungkasnya.
SAPRI MAULANA

Bagikan:

About The Author