Memperingati HUT ke-75 TNI Secara Virtual

Ist

TENGGARONG- Peringatan HUT ke-75 TNI berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, hal tersebut dikarenakan adanya pandemi Covid 19.

Peringatan digelar secara virtual dari Istana Negara Jakarta, dipimpin Presiden RI Joko Widodo.

Peringatan juga dihadiri secara virtual oleh Plt Bupati Kukar Chairil Anwar, Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura Adji Muhammad Arifin, Komandan Kodim 0906 Tenggarong Letkol Inf Charles Y Alling, Kapolres Kukar Irwan Masulin Ginting, Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid, Ketua Pengadilan Negeri Tenggarong  Didit Pambudi Widodo, perwakilan Kejari Tenggarong dan undangan lainnya, di Makodim 0906 Tenggarong, Senin, 5/10/2020.

Jokowi dalam sambutannya mengucapkan selamat ulang tahun ke-75 kepada TNI.

Dia berharap, TNI selalu bersikap profesional dan menjadi kebanggaan rakyat Indonesia. Ia juga mengapresiasi peran TNI selama menghadapi pandemi covid 19 dalam membantu mendisiplinkan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan.

Setelah mengikuti upacara secara virtual, para undangan bergeser pada acara ramah tamah yang diawali dengan pembacaan doa dan pemotongan tumpeng.

Dalam sambutannya, Charles Y Alling mengatakan peran TNI tidak pernah terlupakan dan terpisahkan dari rakyat Indonesia.

Ia mengajak agar bisa merefleksi kembali peringatan HUT TNI untuk meningkatkan kualitas sebagai prajurit TNI.

Sementara itu, Chairil  Anwar mengatakan tahun 2020 merupakan tahun penuh dengan ujian bagi seluruh manusia di muka bumi, Indonesia pun terdampak dengan sangat luar biasa disebabkan munculnya Covid-19.

Dalam menanganinya, TNI turut serta dengan operasi militernya, perang melawan Covid-19 karena menimbulkan ancaman dan gangguan pada warga negara.

Demikian besar peran TNI, kata Chairil, yang telah menjaga ketahanan dan keamanan bangsa. Dalam momentum tersebut, Chairil berharap agar TNI semakin meningkatkan soliditasnya, menjaga sinergitas antara pemerintah, TNI, dan Polri dalam memghadapi tantangan ke depan.

Acara juga dirangkai dengan pemberian piagam penghargaan kepada prajurit berprestasi dan tali asih kepada purnawirawan TNI.

Share:

About The Author

Reply