Rencana Pembuatan Terowongan Sungai Dama untuk Mengurai Macet Masih Belum Final

Mediaetam.com, Samarinda – Pemerintah Kota Samarinda sedang merencanakan pembuatan terowongan untuk mengurai macet yang sering terjadi di Sungai Dama. Khususnya jalur yang menghubungkan ke Sambutan.

Diketahui saat ini pemkot masih dalam tahap finalisasi penyusunan Detail Enginering Design (DED) dan jika sudah siap pemkot akan melakukan konsultasi ke pemprov Kaltim.

Wali Kota Samarinda Andi Harun seusai menghadiri rapat paripurna di DPRD Kota Samarinda. [Mediaetam.com/Idham].


“Kita berharap bantuan provinsi sehingga upaya untuk mensinkronisasikan pasti kita lakukan,” ucap Andi Harun, Jumat (11/6/2021).

Hal ini dilakukan Andi Harun, dikerjakan rencana pembangunan terowongan di Sungai Dama tersebut tidak termasuk dalam RPJMD Provinsi Kaltim.

“Nanti kami akan sampaikan ke pemprov agar terjadi harmonisasi antara RPJMD provinsi dan Kota,” ucap Andi Harun.

Menurut Andi Harun, apa yang dikatakan oleh Sekertaris Daerah Provinsi Kaltim Sabani sangat bermanfaat buat pihaknya, untuk semakin melakukan pengayaan terhadap rencana pembangun terowongan.

Sebelumnya juga pemkot mempunyai dua opsi untuk mengurai macet di wilayah Sungai Dama, pertama dengan pembuatan fly over dan yang kedua iyalah pembuatan terowongan.

“Kami sudah mendengarkan pertimbangan dari para pakar yang ahli di bidangnya, mereka menyarankan untuk membangun terowongan,” ujar Andi Harun.

Andi Harun juga menjelaskan, jikalau opsi pembuatan flyover ingin selain membutuhkan pembiayaan yang besar, juga harus mempertimbangkan masalah sosial seperti pembebasan lahan.

“Semua masih perencanaan, masih bisa berubah apakah nantinya yang setujui flyover atau terowongan, semua harus berdasar pada pertimbangan teknis oleh ahlinya,” pungkas Andi Harun.(Adv/Idham)

Share:

About The Author