Sicita, Senam Ala PDI Perjuangan Melawan Pandemi Covid-19

SAMARINDA – Dalam rangka HUT ke-49 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), mereka meluncurkan gerakan Senam Indonesia Cinta Tanah Air (Sicita). Senam tersebut, kata Sekretaris DPD PDIP Kaltim Ananda Emira Moeis, sebagai upaya PDIP agar masyarakat sehat, melawan Pandemi Covid-19.

Sicita, kata Ananda, bermula dari ide Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Megawati meminta kader partai membuat gerakan senam di tengah pandemi ini. Menurutnya, saat pandemi, apalagi ketika WFH diterapkan, banyak warga yang hanya di rumah saja, minim bergerak.

“Jadi Sicita diciptakan khusus untuk masyarakat Indonesia. Kami bekerjasama dengan Fakultas Olahraga Universitas Negeri Jakarta,” kata Ananda.

Gerakan Sicita juga telah di-instruksikan DPP PDIP ke DPD hingga tingkat ranting, untuk digelar minimal seminggu sekali.

Begitu juga dengan anggota fraksi PDIP, ketika melakukan reses, sosialisasi perda (sosper) diminta mengadakan senam terlebih dahulu.

“Durasinya sekitar 7,5 menit dari pemanasan sampai pendinginan. Kalau olahraga dulu badannya jadi lebih segar, gak ngantuk, lebih sehat. Jadi kegiatan juga lebih bersemangat,” kata Ananda.

Tak perlu pelatihan khusus untuk instruktur Gerakan Sicita, sebab, peserta bisa langsung menyaksikan dari media sosial Youtube.

“Masyarakat secara luas juga bisa, ini dari PDIP untuk kita semua,” kata Ananda.

Rencananya, Mei mendatang, PDIP akan menggelar gerakan Sicita se-Indonesia.

Masih dalam rangka HUT ke-49 PDIP, mereka juga menggelar Festival Kreatif Kuliner Pendamping Beras.

“Kami ingin menunjukkan betapa kayanya pangan Indonesia, dengan tujuan juga memperkaya gizi konsumsi masyarakat Indonesia,” kata Ananda.

Agenda tersebut, kata dia, sesuai dengan arahan Ketum Megawati. Selain Indonesia kaya akan kuliner, langkah tersebut juga untuk mendukung program pengurangan stunting.

“Dari hasil festival kreatif ini, akan dijadikan buka, dan akan disebar ke seluruh DPD dan DPC,” kata Ananda.

Agenda lainnya, ialah menanam pohon, Ananda menjelaskan, hal tersebut telah berlangsung sejak Kongres ke-V PDIP dari 2019 lalu.

“Di Jakarta, seluruh pengurus, dan anggota partai bersih-bersih waduk, bersih-bersih sungai, dan menanam pohon,” kata dia.

Pada HUT ke-49 ini, PDIP memilih tema Bangunlah Jiwa dan Badannya untuk Indonesia Raya.

“Pesan Bu Ketum, seluruh anggota partai jangan malas turun ke masyarakat, membantu menyelesaikan persoalan masyarakat,” kata dia. (Maulana)

Bagikan:

About The Author