Tak Ada Anggaran Pemeliharaan Jembatan Kukar Jadi Sorotan DPRD

Kukar – Setelah dipastikan tidak ada anggaran untuk perawatan dan pemeliharaan, untuk Jembatan Kartanegara oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kutai Kartanegara (Kukar) menuai sorotan. Terutama dari anggota DPRD Kukar. Apalagi jembatan tersebut merupakan akses vital dan menjadi penghubung Kecamatan Tenggarong dan Tenggarong Seberang.

Anggota DPRD Kukar, Ahmad Yani mengatakan, seharusnya wajib hukumnya ada alokasi penganggaran pada jembatan yang mulai dioperasikan pada medio 2015 lalu ini.

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah DPRD Kukar Ahmad Yani. (Mediaetam.com/Akbar)

Dan tidak hanya Jembatan Kartanegaea saja, jembatan lain pun jangan sampai luput dari perhatian Pemda Kukar. Jangan sampai ketika sudah terjadi apa-apa dan merugikan masyarakat, barulah pemda bertindak. Sehingga jika dianggap perlu adanya perawatan, anggaran pun sudah disiapkan dan bisa digunakan kapanpun.

“Selain mempercantik ada perawatan jembatan untuk mengantisipasi hal-hal diluar dugaan agar langsung diperbaiki,” ungkap Ahmad Yani.

Karena itu, Ahmad Yani memastikan bakal memanggil seluruh pihak terkait yang berkewajiban mengurus perawatan jembatan yang pernah rubuh itu. Jika pemda memang tak kunjung dilakukan penganggaran pada jembatan ikonik tersebut.

“Mestinya ada anggaran, selain mempercantik jembatan ketika masyarakat lewat disitu bisa tersenyum,” ujar Yani lagi.

Tampak, terlihat jembatan yang dibangun dengan anggaran sekitar Rp 300 miliar ini kusam dan terlihat adanya noda jamur di badan jembatannya. Hal itu tampak jelas ketika siang hari. Padahal jembatan tersebut dipasangi lampu tematik, seharusnya dibarengi dengan pembersihan dan perawatan. Sehingga tidak hanya cantik di malam, namun bersih pada siang harinya.

Saat dimintai keterangan kepada Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kukar, Muhammad Yamin. Jika anggaran perawatan Jembatan Kartanegara memang tidak tersedia untuk 2021 ini. Dengan alasan masih menunggu pihak kontraktor, apa saja yang perlu dilakukan perawatan pada jembatan tersebut.

“Belum tersedia anggaran perwakilannya tahun ini,” pungkas Yamin. (Adv)

Bagikan:

About The Author