Galang Dana untuk Korban Banjir Kutim, Aliansi Mahasiswa Kumpulkan Rp 28 Juta

Mediaetam.com, Samarinda – Aliansi Mahasiswa Samarinda galang dana bantuan untuk korban banjir Kutai Timur (Kutim). Sebanyak Rp 28 juta berhasil dikumpulkan oleh mahasiswa dari berbagai organisasi mahasiswa tersebut.

”Jumlah dana yang terkumpul akan disalurkan dalam bentuk barang, pangan, mengingat keadaan di sana kesulitan dalam mencari pangan. Penyaluran barang Insha Allah akan dilaksanakan Sabtu 26 Maret 2022,” kata Humas Aliansi Mahasiswa Samarinda, Wahyu, dari GMNI Samarinda, melalui keterangan tertulis kepada Mediaetam.com, Kamis, 24 Maret 2022.

Aliansi Mahasiswa Samarinda Peduli Bencana, usai galang dana untuk korban banjir di Kutai Timur, di Samarinda. [Ist]

Sebagai informasi, sejak Sabtu 19 Maret lalu, banjir melanda Sangat, Kutai Timur. Ketinggian air sempat mencapai 1,5 hingga 2 meter. Lokasi terdalam berada di kawasan Sangatta Selatan.

Berdasarkan data BPBD Kutim, sekitar 25.099 jiwa warga Sangatta yang terdampak banjir. Hari ini, banjir di Sangat mulai surut. Namun, korban terdampak banjir masih memerlukan sejumlah bantuan kemanusiaan.

Berangkat dari kondisi tersebut, Himpunan Mahasiswa Kutai Timur (Hipma KT) Cabang Samarinda, mengambil inisiatif untuk membentuk Aliansi Mahasiswa Samarinda Peduli Bencana, untuk menyatukan kekuatan mahasiswa, gotong-royong melakukan galang dana bantuan untuk warga korban banjir di Kutim.

Hipma KT Cab samarinda Inisiatif membentuk Aliansi Mahasiswa Samarinda Peduli Bencana.

”Ada sekitar 19 lembaga yang terlibat dalam aliansi ini. Yakni HMM Polnes, Hipma KMB, HMS, FKMA PPU,KPMKP, Hipma KMA, HMTM UMKT, BEM FISIP UNMUL, LEM SYLVA, GMNI Cab Samarinda, KMB , HMI Cab Samarinda , FISIP UNTAG , HIMA BATAM, KAPASISBON, HUKUM UNTAG , HMB BONTANG, HPMM , HIMA BUN POLITANI ,HPMM,” kata Korlap Aksi Galang Dana Dandi Wijaya, yang juga Wakil Ketua Umum Hipma KT Cabang Samarinda.

”Galang dana dilakukan selama 3 hari. Sejak Minggu 21 Maret sampai dengan 24 Maret. Massa aliansi dibagi ke belasan titik di Kota Samarinda,” ucap Dandy, sapaan akrabnya.

Dandy menjelaskan, di lokasi banjir akan dibuat posko bantuan di lokasi terdampak. Tujuannya, untuk mendistribusikan logistik.

“Berupa makanan cepat saji, air mineral dan bahan pokok lainnya kepada masyarakat pengungsi,” kata Wahyu.

Ketua Hipma KT Cabang Samarinda Angga Gilang Permadi berterima kasih yang sebesar besarnya kepada seluruh rekan-rekan mahasiswa dari setiap lembaga. Yang telah bersedia beberapa hari ini untuk solidaritas bersama.

”Semoga Aliansi ini akan terus bergerak ke depannya dan euforia semangat dan kesolidannya jangan sampai di sini saja,” kata Gilang. (Redaksi Mediaetam.com)

Editor: Maulana

Bagikan:

About The Author