Inovasi Pertanian sebagai Agrowisata, Samsun Apresiasi Petani Tani Bhakti

Mediaetam.com, Samarinda – Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun mengunjungi potensi pertanian yang berada di Desa Tani Bhakti Kecamatan Loa Janan, Kukar pada Rabu, 16/06/2021.

Menurut Samsun, potensi pertanian sangat luar biasa, banyak sekali lahan yang masih bisa dioptimalkan.

“Kita tadi lihat ada beberapa jenis tanaman multikultural, kemudian kelompok tani di sini juga kreatif dijadikan bukan hanya pertanian tapi tempat wisata edukasi,” ucap Samsun.

Muhammad Samsun saat mengunjungi Agrowisata di Desa Tani Bhakti, Kecamatan Loa Janan, Kutai Kartanegara. [Mediaetam.com/Idham]

Samsun melanjutkan, sebenarnya hampir semua wilayah di Kaltim mempunyai potensi pertanian, tinggal bagaimana pemerintah memberikan dukungan.

“Kalau dikelola dengan baik, pasti petani kita sejahtera. Kita lihat selama ini berbagai macam makanan masih disuplai dari luar daerah,” jelas Samsun.

Samsun berharap kepada semua pihak, baik pemerintah maupun swasta yang berada di sekitar Desa Tani Bhakti. Seperti perusahaan Buma, bisa terlibat aktif untuk mengembangkan pertanian.

“Kalau kendala di lapangan, dari petani sebenarnya petani perlu dimotivasi saja untuk memproduktifkan lahannya karena masih banyak yang beranggapan petani cenderung lebih dekat dengan kemiskinan,” jelas Samsun.

Sementara itu, Kepala Desa Tani Bhakti Muhammad Amin mengatakan apa yang iya lakukan bersama warga merupakan usaha yang nantinya bisa menunjang pendapatan desa.

“Karena ini melalui melalui pembiayaan bumdes kaki kita memikirkan sektor-sektor usaha apa saja yang bisa kita kembangkan di desa, nah salah satunya tadi adalah agrowisata ini kita buat,” ucap Amin.

Kepala Desa Tani Bhakti Muhammad Amin. [Mediaetam.com/Idham]]

Kendala para petani saat ini adalah kurangnya alat pertanian modern yang menunjang pertanian mereka, dan hak itu sudah disampaikan Amin kepada dinas terkait.

“Insyaallah kata mereka nanti akan ditindak lanjuti, ” pungkas Amin. (Adv/Idham)

Share:

About The Author