Makmur Harap Akses ke Pedalaman Dimakmurkan

 

Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK. Foto: Humas Pemprov Kaltim

Mediaetam.com, Samarinda – Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK meminta agar pemerintah bisa fokus pada pembangunan infrastruktur di Kaltim.

Khususnya di daerah pedalaman seperti Kutai Barat dan Mahakam Ulu.

“Tapi paling penting infrastruktur itu. Dari antar kota dan desa, ini yang dibutuhkan masyarakat. Ini hajat hidup,” kata Makmur.

Dia melanjutkan, tiap bertemu dengan masyarakat, yang pertama diminta masyarakat itu jalan, kemudian listrik. Apalagi, tak semua daerah Kaltim teraliri listrik. Khususnya daerah pedalaman. Kemudian, selain dua hal yang disebut, akses pendidikan dan kesehatan juga menjadi hal utama yang diminta.

“Juga infrastruktur jalan seperti di Kubar, Mahulu. Harapan saya, saat ini jalan provinsi kita yang diupayakan dan diutamakan dulu,” tegasnya.

Sementara itu, untuk diketahui saat ini ada peningkatan jalan dari Tering. Dalam desain sebelumnya, dari Tering sampai Ujoh Bilang, akan dibangun lima jembatan. Termasuk jembatan untuk Sungai Ratah.

Diharapkan akhir tahun ini sudah bisa diselesaikan. Akses jalan perbatasan ini jadi prioritas pemerintah provinsi. Proyek pembangunan jalan dan jembatan dari Tering sampai Ujoh Bilang ini, akan diselesaikan sampai akhir 2020.

Kemudian dilanjutkan tahun depan. Sebab, program prioritas gubernur untuk mempermudah akses jalur darat bagi masyarakat. Mengingat, seperti yang diketahui, bahwa akses ke Mahakam Ulu selama ini mengandalkan transportasi sungai. Sehingga, berisiko bagi penggunanya. Belum lagi akses juga sangat bergantung ada pasang dan surut air. (adv)

Share:

About The Author