Untuk Meningkatkan Pelayanan Air Bersih, Andi Harun Rencanakan Gandeng Pihak Ketiga

Mediaetam.com, Samarinda – Permasalahan air bersih di Samarinda masih menjadi kendala yang banyak dikeluhkan masyarakat, oleh sebab itu Wali Kota Samarinda Andi Harun berencana bekerjasama dengan pihak ketiga untuk mensuplai air bersih bagi warga Samarinda.

Andi Harun menilai saat ini Perusahaan Umum Daerah (Perumdam) Tirta Kencana Samarinda masih belum mampu melayani kebutuhan air bersih di Samarinda.

Wali Kota Samarinda Andi Harun saat di wawancarai terkait permasalah air bersih Samarinda.(Mediartam.com/Idham)

Menurut Andi Harun saat ini ada perusahaan asal Korea Selatan yang tertarik untuk berinvestasi di Kota Samarinda selah dirinya melakukan pertemuan dengan perwakilan perusahaan tersebut di Jakarta beberapa hari yang lalu.

“Mereka akan datang ke Kota Samarinda pada tanggal 14 sampai dengan 16 bulan Juni 2021 untuk menindaklanjuti kerja sama itu,” ucap Andi Harun saat di wawancarai awak media Jum’at (4/5/2021).

Andi Harun menuturkan, jika saat ini APBD Samarinda juga masih sangat minim untuk mengerjakan banyak persoalan yang ada di Samarinda, mulai dari jalan dan banjir.

“Perumdam Tirta Kencana Samarinda masih memerlukan dana puluhan miliar untuk jangka pendek dan ratusan miliar untuk jangka panjang bagi penyelesaian IPA Sungai Kapih, pengembangan kapasitas, pembangunan IPA baru lainnya, serta peremajaan infrastruktur,” Jelas Andi Harun.

Lanjut dia, bukan rahasia umum lagi bahwa saat ini beberapa wilayah di Samarinda masih ada yang menerima pelayanan air secara bergilir, dan juga saat ini masih ada sekitar 14 ribu calon pelanggan baru yang belum terlayani.

Oleh karenanya sangat strategis dan vital peran investor di sektor air bersih untuk melayani kebutuhan warga kota Samarinda apalagi saat ini masih kondisi pandemi Covid -19. (Adv/Idham)

Share:

About The Author