Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun Dukung Petani Jaga Ketanahan Pangan

Mediaetam.com, Samarinda – Wakil Ketua DPRD Kalimantan Timur Muhammad Samsun menegaskan keberpihakannya kepada kelompok petani, yang ia nilai mampu berperan besar dalam menjaga ketahangan pangan.

Hal itu diungkapkan politisi PDI Perjuangan tersebut saat menjalankan agenda reses, masa sidang ke-III di daerah pemilihan IV Kaltim, Sabtu (28/10/2020).

“Saya lebih fokus pada pertanian, dan mengakomodir para petani. Karena Kaltim harus menjaga dan memperkuat ketahanan pangan,” ungkap Samsun.

Samsun tak memungkiri, untuk mewujudkan hal tersebut terdapat sejumlah kendala. Kendati demikian, ia menegaskan sektor pertanian harus didukung dan menjadi skala prioritas.

“Kendala biasanya dari segi anggaran. Karena anggaran di Kaltim itu kan dibagi rata ke setiap daerah. Sektor pertanian harus menjadi prioritas, karena petani itu memenuhi sebagian besar dari kebutuhan seluruh rakyat yang ada di Kaltim,” kata Samsun.

 

Untuk itu, Samsun menegaskan, sarana dan prasarana sektor pertanian di Kaltim, harus terpenuhi.

“Biar petani yang menjadi urusan saya, saya akan fokus pada pertanian dan petani nya,” tegas Samsun.

Sebagai informasi, agenda reses atau serap aspirasi Muhammad Samsun dilakukan di dua desa, yakni Desa Buana Jaya dan Desa Manunggal Jaya Kecamatan Tenggarong Seberang.

Suasana reses Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun di Dapil IV Kutai Kartanegara. (Mediaetam.com)

Tim Samsun mencatat sedikitnya lima poin yang menjadi aspirasi petani di dua desa tersebut. Pertama, mesin panen padi. Warga kesulitan dalam memberdayakan SDM sebagai buruh panen padi. Kedua, pupuk dolomit, mengingat PH tanah sawah yang lumayan tinggi. Ketiga, drainase perairan pertanian. Keempat, subsidi pupuk padi. Kelima, pengerasan jalan desa dan semenisasi.

 

Sebagai informasi, Tim Samsun juga memaparkan, sepanjang  1.100 meter jalan tani di Desa Buana Jaya telah dirampungkan. (Idham)

Bagikan:

About The Author

Reply