Mubes ke-IV Ikapakarti Kaltim Akan Dihadiri Gubernur Kaltim

Mediaetam.com, Samarinda – Menjelang Musyawarah Besar (Mubes) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Ikatan Paguyuban Keluarga Tanah Jawi (Ikapakarti), digelar konferensi pers di rumah ketua umum DPP Ikapakarti saat ini, Rusmadi Wongso di Jalan. M. Yamin Kota Samarinda.

Rusmadi Wongso yang juga menjabat sebagai Wakil Wali Kota Samarinda mengatakan, Mubes Ikapakarti Kaltim akan dilakukan selama dua hari.

“Ini mubes yang ke empat, Insyaallah akan diselenggarakan pada tanggal 2-3 Juli 2021 di Hotel Midtown Samarinda,” ucap Rusmadi Wongso.

Dirinya juga mengatakan, mengingat situasi saat ini masih dalam masa pandemi covid maka nantinya akan ada pembatasan peserta yang hadir.

Setiap DPD yang undang hanya boleh mengirimkan maksimal tiga delegasi saja.

“Hanya ketua, sekertaris, dan bendahara atau yang diberikan mandat oleh masing masing ketua DPD nya,” ucap dia.

Ketua DPP Ikapakarti Kaltim Rusmadi Wongso (kiri) Sekertaris DPP Ikapakarti Kaltim Sudarno (kanan).

Rusmadi juga berharap agar selama proses persidangan nantinya dapat berjalan dengan singkat, sesuai dengan apa yang sudah dipersiapkan selama jauh hari.

“Insyaallah pembukaan di tanggal 2 Juli nanti akan berlangsung jam 16.00 dan akan dihadiri oleh bapak Gubernur Kaltim,” ucap Rusmadi.

Kemudian ditambahkan oleh Sekertaris Ikapakarti Kaltim Sudarno untuk peserta yang akan mengikuti proses persidangan berjumlah 34 orang yang terdiri 30 orang dari DPD dan dari DPP berjumlah 4 orang.

“Karena ini acara merupakan kekuasaan tertinggi dalam Ikapakarti sehingga walaupun terbatas tetapi ini nanti akan dilakukan secara virtual juga,” ucap Sudarno.

Dirinya juga menjelaskan untuk saat ini sudah terdapat beberapa calon yang telah mendaftar untuk menjadi nahkoda baru Ikapakarti Kaltim yang baru.

“Kalau ikapakarti ini paguyuban mengedepankan demokrasi dengan suasana guyub rukun. Oleh karena itu musyawarah mufakat itu menjadi sebuah nilai yang terus dikedepankan oleh ikapakarti,” jelas dia.

Sementara itu Ketua Panitia Mubes IV Ikapakarti Kaltim Muhammad Samsun menjelaskan, panitia sudah mempersiapkan kegiatan ini selama satu bulan lamanya. Persiapan dilakukan setelah mendapat mandat dari rapat pleno DPP Ikapakarti dan dilanjutkan dengan membentuk kepanitiaan, dan melakukan persiapan-persiapan teknis hingga dimulainya Mubes.

“Mubes dilaksanakan pada hari Jum’at dan Sabtu, Tujuannya yang pasti memilih ketua umum Ikapakarti, kemudian melakukan penyempurnaan terhadap AD-ART dan merumuskan program kerja Ikaparti selama periode yang akan datang,” ucap Samsun

Ditambahkan Samsun, selama proses pembukaan hingga penutupan mubes pihaknya akan menerapkan protokol kesehatan dengan standar yang telah ditentukan secara umum.

“Pemeriksaan suhu badan peserta dan tamu undangan Mubes IV Ikapakarti yang akan masuk, menjaga jarak, mewajibkan untuk memakai masker, cuci tangan, dan lainnya. Kalau ada peserta atau undangan yang datang tidak pakai masker, kami siapkan masker untuk digunakan pada saat acara berlangsung,” jelasnya.

Dalam pembuatan mubes nantinya akan menampilkan pagelaran seni budaya akan tetapi tidak akan banyak yang akan ditampilkan mengingat saat ini masih dalam situasi pandemi jadi akan ada pada saat pembukaan dan penutupan saja.

Kita akan mengundang beberapa organisasi kedaerahan yang ada di Kaltim, kemudian juga ormas dan lain-lain, dan untuk warga Jawa dan paguyuban yang tidak memiliki hak suara dapat hadir menyaksikan melalui virtual meeting di link yang sudah kami siapkan,” pungkas Samsun. (Idham)

Share:

About The Author